Anti Soak, Berikut Cara Menjaga Daya Tahan Baterai Ponsel

Yusuf Tirtayasa
Jumat 14 April 2023, 22:19 WIB
Ilustrasi baterai handphone yang sudah boros (Sumber : smartfren.com)

Ilustrasi baterai handphone yang sudah boros (Sumber : smartfren.com)

LABVIRAL.COM - Apakah baterai Android atau iPhone Anda tampak semakin mudah berkurang dayanya dari waktu ke waktu? Seperti semua baterai yang dapat diisi ulang, baterai Li-ion (yang ada di sebagian besar ponsel) menjadi kurang efektif seiring bertambahnya usia. 

Meskipun baterai ini tidak dibuat untuk bertahan selamanya, memiliki baterai yang sehat dan kebiasaan mengisi daya dapat memperpanjang usia baterai Anda. Berikut cara mudah untuk memaksimalkan masa pakai baterai ponsel cerdas Anda dengan mengubah kebiasaan pengisian daya Anda seperti dilansir dari wikihow.com:

1. Jangan tunggu sampai baterai habis untuk mengisi daya

Isi daya ponsel Anda setiap hari. Baterai ponsel Anda memiliki jumlah siklus pengisian yang tetap (berapa kali Anda mengisi baterai dari 0% hingga 100%). 

Misalnya, jika baterai Anda memiliki masa pakai 400 siklus pengisian, membiarkan baterai habis setiap hari berarti baterai Anda hanya akan bertahan selama 400 hari.

Jika Anda mengisi ulang baterai sebelum benar-benar habis, ini akan mengurangi jumlah siklus pengisian daya secara keseluruhan, yang membuat baterai Anda bertahan lebih lama. Selalu mengurasnya hingga 0 dapat merusaknya dan mengurangi kapasitasnya. 

2 Hindari suhu ekstrem

Paparan suhu yang sangat tinggi atau rendah akan menguras baterai dengan cepat. Baterai dibuat untuk bekerja paling baik pada suhu ruangan, yaitu sekitar 68 °F (20 °C).

3 Jangan selalu mengisi daya baterai hingga 100%

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini