Mengenal Arti USSD dan MMI, Kode Rahasia Pada Perangkat Android

Yusuf Tirtayasa
Jumat 14 April 2023, 23:47 WIB
Aplikasi android (Sumber : Instagram/freestocks)

Aplikasi android (Sumber : Instagram/freestocks)

LABVIRAL.COM - Mungkin Anda belum terlalu mengetahui adanya kode rahasia untuk ponsel yang biasanya dimulai dengan "*#." Bagi mereka yang tidak sadar, ponsel telah lama memiliki kode tersembunyi yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi dan pengaturan tersembunyi yang menarik.

Kode-kode ini secara luas dapat diklasifikasikan ke dalam dua kategori utama, kode USSD dan kode MMI. Meskipun sebagian besar tidak terlalu berguna bagi pemilik smartphone pada umumnya, kode tersembunyi ini dapat digunakan sesekali hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu Anda. 

Lantas, apa perbedaan antara kode MMI dan USSD? USSD adalah singkatan dari Unstructured Supplementary Service Data dan kode ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi antara ponsel cerdas Anda dan operator jaringan seluler Anda. Ini juga berarti bahwa Anda hampir selalu harus terhubung ke operator Anda agar kode USSD berfungsi.

Baca Juga: 3 Game Offline RPG Gratis Terbaik dan Seru untuk Android!

Adapun kode MMI, yakni Man-Machine Interface, adalah bagian dari sesuatu yang dikenal sebagai skema Antarmuka Manusia-Mesin dan umumnya khusus untuk merek atau model ponsel cerdas. 

Kode MMI memungkinkan Anda mengakses beberapa hal menarik di ponsel cerdas Anda, mulai dari nomor IMEI dan nilai SAR hingga menu tersembunyi yang umumnya digunakan oleh teknisi ponsel cerdas dan layanan perbaikan.

Meskipun rata-rata pengguna bahkan mungkin tidak perlu mengetahui perbedaan antara keduanya, selalu baik untuk mengetahui perbedaannya. Kode USSD dan MMI biasanya dimulai dengan tanda bintang atau simbol pound/hashtag, melansir nextpit.com.

Kode-kode ini diperbarui secara berkala saat versi baru perangkat lunak Android dirilis, dan beberapa produsen memiliki kode khusus tambahannya sendiri.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini