Penting! Berikut Tips Merawat Motor Sport, Agar Selalu dalam Kondisi Prima

Aci
Senin 17 April 2023, 17:37 WIB
Penting! Berikut Tips Merawat Motor Sport, Agar Selalu Dalam Kondisi Prima (mocyc.com)

Penting! Berikut Tips Merawat Motor Sport, Agar Selalu Dalam Kondisi Prima (mocyc.com)

LABVIRAL.COM - Riding dengan motor sport, merupakan salah satu hobi untuk sebagian orang. Terutama kaum adam, biasanya kaum adam yang menggunakan motor sport akan menambah kesan macho dan tampan. 

Yap seperti karakter motor sport, yaitu macho, gagah dan tampan. Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap laki-laki, untuk memilih motor sport sebagai tunggangannya.

Meskipun demikian, sebenarnya motor sport merupakan motor yang kurang cocok jika digunakan untuk keperluan sehari-hari. 

Baca Juga: 8 Tips Aman Bawa Kucing Saat Mudik dengan Motor

Selain bobotnya yang besar perawatan motor ini juga tidak bisa sembarang, terdapat beberapa perlakukan khusus untuk merawat motor sport. 

Berikut, Labviral.com uraikan tips perawatan motor sport agar motor selalu dalam keadaan prima. Yuk disimak ya!

Menghidupkan mesin secara berkala

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa motor sport tidak cocok digunakan dalam kegiatan sehari-hari, terkadang motor jenis ini hanya akan dipakai bila ingin touring, berpergian jauh, ataupun acara komunitas lainnya. 

Tapi bikers, kamu harus tahu. Meskipun motor ini akan lebih sering parkir di garasi kamu harus rajin untuk melakukan pemanasan pada mesinnya. 

Baca Juga: Tidak Niat Mencuri, Berikut Kronologis Perempuan Viral Diduga Maling Motor

Caranya yaitu dengan menghidupkan motor setiap hari lakukan dengan dua tahap, yaitu 10 menit dan 15 menit. Hal tersebut dilakukan, agar mesin selalu panas dan aliran oli akan terus berjalan. 

Lihat kondisi oli

Sama seperti motor lain pada umumnya, kamu harus rutin melakukan pengecekan terhadap oli mesin. Ganti oli sebaiknya 2 bulan sekali, meskipun motor jarang digunakan.

Gunakan bahan bakar terbaik

Motor sport tentu saja berbeda dengan motor yang biasa digunakan sehari-hari, untuk dalam pemilihan bahan bakar jangan gunakan bahan bakar yang kualitasnya kurang bagus.

Gunakan kualitas bahan bakar terbaik dengan jenis kelas tertinggi untuk menjaga motor sport agar tetap prima dari dalam. Minimal gunakan Pertamax atau Pertamax Plus.

Cek tekanan angin

Sadar bahwa kendaraan jenis ini akan sering terparkir, untuk itu kamu harus rajin mengisi kondisi tekanan angin. Terlebih saat kendaraan akan kembali digunakan, perhatikan kondisi tekanan angin dahulu ya. 

Cek rantai dan aki

Komponen ini merupakan komponen yang tidak kalah penting karena menjadi komponen inti bagi bergeraknya kendaraan roda dua tersebut. 

Baca Juga: Raffi Ahmad Dapat Banyak Doa Dari Netizen Usai Hibahkan Motor Vespa Buat Abidzar

Selalu perhatikan kondisi dan kelayakannya agar tetap nyaman digunakan dengan cara melihat apakah rantai sudah terlihat kendur atau berkarat. 

Lakukan servis secara rutin

Nah, yang terakhir merupakan hal wajib yang sebaiknya kamu lakukan, untuk penggunaan wajar, servis motor bisa dilakukan satu bulan sekali. Jika sudah menyentuh 15,000 km, servis motor harus segera dilakukan untuk dilakukan pengecekan secara keseluruhan. 

Nah, itu dia tips perawatan motor sport yang harus kamu lakukan, demi keamanan dan kenyamanan kamu saat bermotor. Semoga bermanfaat ya.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini