Tips Mudik Naik Pesawat Bersama Bayi di Mudik Lebaran 2023

Yowan R
Senin 17 April 2023, 18:50 WIB
Ilustrasi membawa bayi dalam pesawat dengan posisi kursi samping jendela (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi membawa bayi dalam pesawat dengan posisi kursi samping jendela (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, ada salah satu ritual yang penting yang banyak dilakukan. Ritual tersebut adalah mudik atau pulang kampung. Apalagi bagi para pasangan yang baru memiliki buah hati. Momen mudik menjadi waktu yang tepat untuk mengenalkan anaknya kepada keluarga besar di kampung halaman.

Tapi, perjalanan mudik sendiri kerap kali menjadi suatu hal yang menakutkan, terutama bagi orang tua yang membawa bayinya dalam perjalanan dengan waktu yang lama.

Baca Juga: Kenali Gejala-gejala Biang Keringat pada Bayi

Karena itu banyak orang tua yang memilih mudik bersama bayinya menggunakan pesawat, karena waktu yang dibutuhkan jauh lebih sedikit daripada harus melalui jalur darat.

Nah, bagi yang belum pernah mudik naik pesawat bersama bayi, berikut ini tips mudik bersama bayi naik pesawat yang bisa dilakukan:

1. Pilih waktu perjalanan sesuai dengan jadwal tidur bayi

Kekhawatiran orang tua saat membawa bayi mereka untuk bepergian jarak jauh seperti mudik adalah rewel. Terlebih jika mudik menggunakan transportasi umum.

Untuk menghindari anak rewel saat perjalanan, sangat dianjurkan untuk memilih jam perjalanan sesuai dengan  jadwal tidur si bayi.

2. Pilih tempat duduk yang nyaman

Bagi pemudik yang membawa bayi yang berusia di bawah enam bulan, sebaiknya pemudik memilih kursi yang lokasinya berada di samping jendela.

Lokasi kursi yang berada di samping jendela adalah posisi yang lebih nyaman dan privat sehingga Ibu yang menggendong bayi selama penerbangan tidak terganggu oleh penumpang lain.

Tapi, jika bayi yang dibawa sudah memasuki usia aktif, sebaiknya pilih lokasi tempat duduk dengan ruang ekstra seperti kursi di lorong (aisle) agar lebih leluasa dalam bergerak.

3. Bawa makanan ringan dan mainan favorit

Untuk pemudik yang membawa anak yang sudah memasuki usia balita, pastikan untuk membawa makanan dan mainan favorit anak supaya mereka anteng saat perjalanan.

Khusus bagi pemudik yang membawa bayi dibawah umur 1 tahun, usahakan untuk memberi bayinya ASI eksklusif di perjalanan. Hal ini bertujuan agar bayi juga merasa lebih aman dan nyaman dengan sentuhan skin-to-skin.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini