Kenali Gejala-gejala Biang Keringat pada Bayi

Zahwa Elia Azzahra
Kamis 16 Maret 2023, 00:02 WIB
Instagram.com/dramarianagastropediatra

Instagram.com/dramarianagastropediatra

LABVIRAL.COM - Masalah kulit yang sering terjadi pada bayi di wilayah dengan iklim tropis adalah biang keringat. Secara medis, biang keringat disebut sebagai miliaria. Tanda umum jika sang bayi terkena biang keringat diawali dengan munculnya ruam-ruam merah pada kulit.

Bahkan terkadang, biang keringat akan membawa sensasi gatal dan panas bagi tubuh. Untuk menghindari itu, orang tua perlu pahami apa saja gejala-gejala pada bayi yang mengalami biang keringat.

Berikut Labviral.com ulas gejala-gejala yang biasanya muncul saat bayi mengalami biang keringat;

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah, Begini Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Ruam merah

Hal yang paling pertama muncul saat mengalami biang keringat adalah ruam merah atau bintik merah. Bintik merah bisa berupa bentol, tapi bisa juga berbentuk seperti jerawat kecil. Bahkan bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan kasar.

Baca Juga: Teh Chamomile Bisa Bantu Atasi Kesulitan Tidur di Malam Hari

Gatal

Bayi yang sedang mengalami biang keringat akan merasa gatal di bagian tubuh yang terdapat ruam merahnya. Mungkin sang buah hati akan terus merengek, sebab tak hanya gatal yang dirasakan, tapi juga panas.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Obat Biang Keringat untuk Bayi

Demam

Jika bayi sedang mengalami biang keringat, dan sudah terlalu parah mungkin akan memiliki gejala demam. Bahkan demam yang dialami bisa meningkat terus hingga 40 derajat celcius. Untuk mengatasi ini, orang tua harus segera memberikan pendingin agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini