Jangan Selimutan! Ini 3 Tips Mudah Atasi Demam di Rumah

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 23:49 WIB
Ilustrasi, anak demam (Sumber : pixabay.com/rhonda_jenkins)

Ilustrasi, anak demam (Sumber : pixabay.com/rhonda_jenkins)

LABVIRAL.COM - Demam dapat terjadi pada siapa pun, mulai dari orang dewasa hingga bayi. Demam, terjadi ketika suhu tubuh meningkat hingga lebih dari 39 derajat celsius atau mendekati 40 derajat celsius.

Dijelaskan dr. Gina Sonia, Dipl. CIBTAC, demam merupakan tanda adanya penyakit atau kondisi tertentu pada tubuh dalam melawan infeksi virus penyebab penyakit. 

"Demam terjadi seiring dengan peningkatan suhu tubuh seseorang yang sedang terjadi infeksi dalam tubuh seseorang tersebut," katanya kepada Labviral.com beberapa waktu lalu saat ditemui di Klinik Sahara Medika, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Biang Keringat Bikin Risih, Begini Cara Mengatasinya

Gina mengatakan, demam dapat diatasi dengan baik bila dilakukan dengan cara yang benar. Untuk mengatasi demam pada anak, orang dewasa, lansia dan ibu hamil pun dilakukan dengan metode yang sama. 

Berikut tiga tips Gina untuk mengatasi demam di rumah;

Pertama adalah mengompres dengan air hangat. Menurutnya, mengompres dengan air hangat dapat meredakan atau menurunkan suhu tubuh menjadi normal. Ia tidak menyarankan mengompres dengan air dingin, karena dianggap berbahaya. 

Baca Juga: Bun Jangan Khawatir! Ini Tips Mengatasi Demam Pada Anak di Rumah

"Kenapa harus kompres hangat? Karena jika kompres dingin akan memberikan efek mengigil pada tubuh si pasien tersebut. Jadi akan lebih memperparah demamnya," bebernya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini