Biang Keringat Bikin Risih, Begini Cara Mengatasinya

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 23:47 WIB
Ilustrasi biang keringat pada orang dewasa

Ilustrasi biang keringat pada orang dewasa

LABVIRAL.COM - Tak hanya pada bayi, orang dewasa juga bisa terkena penyakit kulit biang keringat. Penyakit miliaria -nama lain biang keringat- pada orang dewasa ternyata sama dengan bayi, yakni muncul bintik kemerahan yang menyebabkan rasa gatal dan panas pada kulit.

Bagian tubuh yang terkena infeksi bakteri kulit ini juga bisa muncul di bagian tubuh mana saja, mulai dari tangan, lipatan leher, sampai berbentuk seperti jerawat di wajah.

Dilansir dari kanal YouTube SB30 Health, dokter spesialis kulit dr. Sung mengatakan penyebabnya sama, yakni karena keringat tidak bisa keluar dengan leluasa.

Baca Juga: Bun Jangan Khawatir! Ini Tips Mengatasi Demam Pada Anak di Rumah

Artinya ada penyumbatan di daerah yang mengalami biang keringat ,sehingga keringatnya tidak bisa keluar dengan bebas dan membentuk gelembung air.

Sebagai orang Indonesia yang tinggal di iklim tropis sangat sering mengalami biang keringat karena udara yang panas dan lembab.

Bagi orang dewasa pasti merasa risih dan tidak nyaman karena rasa gatal yang tak tertahankan, dan ingin menggaruknya.

Baca Juga: Hati-hati! 2 Kebiasaan Pola Makan ini Dapat Merusak Jantung

Tapi tahukah kamu, menggaruk bukanlah hal yang tepat, karena hal tersebut bisa menyebabkan infeksi lanjutan dan masuknya bakteri lebih banyak.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini