Hati-hati! 2 Kebiasaan Pola Makan ini Dapat Merusak Jantung

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 23:40 WIB
Ilustrasi serangan jantung. (Sumber : Pixabay.com/Pexels)

Ilustrasi serangan jantung. (Sumber : Pixabay.com/Pexels)

LABVIRAL.COM - Fibrasi atrium (AF) merupakan gangguan ketika darah pada jantung terpompa tiba-tiba menjadi lebih cepat atau tidak teratur. Jika diabaikan atau dikelola dengan buruk, berisiko besar pada kesehatan jantung dan otak.

Salah satu yang terparah adalah berisiko stroke. Ini merupakan kondisi yang paling mematikan terkait dengan fibrasi atrium. Kondisi ini dapat menghambat kualitas hidup, bahkan dalam jangka pendek.

Untuk mencegah kondisi ini berkembang lebih parah, para ahli menyarankan untuk menghindari dua kebiasaan makan yang sebaiknya dihindari. 

Baca Juga: Guru Besar FKUI Beri Dua Cara Berhenti Merokok, Yuk Simak!

Dilansir Labviral.com dari laman Express, sebuah studi dari American College of Cardiology, Edward Chu, Md, dokter ahli elektrofisiologi menjelaskan, pola makan tertentu dapat merusak jantung.

"Dalam beberapa kasus, pemciu AF adalah kebiasaan melewatkan sarapan dan makan larut malam terlalu sering. Sehingga, dapat menggangu organ dan mengganggu irama jantung," jelasnya.

Sebelumnya, pada 2014 telah dilakukan studi terhadap 47 ribu peserta dengan mempelajari efek makan malam dalam waktu dua jam sebelum tidur selama tiga kali per/minggu, serta melewatkan sarapan tiga kali per/minggu.

Baca Juga: Pentingnya Asupan Protein Harian Cegah Stunting pada Anak

"Setelah menyesuaikan diri dengan kebiasaan gaya hidup lainnya, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa makan larut malam dan melewatkan sarapan memiliki risiko hampir dua kali lipat mengembangkan AF," bebernya.

Apa saja gejala AF?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini