Bun Jangan Khawatir! Ini Tips Mengatasi Demam Pada Anak di Rumah

Zahwa Elia Azzahra
Rabu 15 Maret 2023, 23:45 WIB
Demam anak tidak turun? Kamu bisa coba beberapa cara ini (Sumber : Freepik.com)

Demam anak tidak turun? Kamu bisa coba beberapa cara ini (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Demam tinggi pada anak harus diwaspadai, karena bisa jadi pertanda adanya penyakit serius. Meski terkadang mengkhawatirkan, sebagian besar demam diakibatkan oleh infeksi virus.

Umumnya, suhu normal pada tubuh manusia berkisar 36 sampai 37 derajat Celsius.

Namun, jika suhu tubuh mencapai lebih dari 39 derajat Celsius atau mendekati 40 derajat Celsius, diperlukan penanganan khusus untuk mengatasinya dan mengobati penyebabnya. 

Baca Juga: Sangat Berbahaya! Ahli Nutrisi Imbau untuk Tidak Minum Jus Buah Kemasan

Dijelaskan dr. Gina Sonia, Dipl. CIBTAC, demam mendandakan adanya penyakit atau kondisi tertentu pada tubuh dalam melawan infeksi virus, penyebab penyakit. 

"Demam terjadi karena peningkatan suhu tubuh seseorang yang sedang terjadi infeksi dalam tubuh orang tersebut," ujarnya kepada LABVIRAL.com baru-baru ini, saat ditemui di Klinik Sahara Medika, Bekasi, Jawa Barat.

Menurutnya, jika demam lebih dari 40 derajat Celsius, itu bisa dikategorikan sebagai bahaya. Sebab, jika terjadi pada anak, itu bisa menyebabkan kejang-kejang dan akan menyebabkan komplikasi penyakit yang lebih serius. 

Baca Juga: Hati-hati! 2 Kebiasaan Pola Makan ini Dapat Merusak Jantung

"Demam bisa jadi bahaya, jika demam itu lebih dari 39 derajat atau bahkan mendekati 40 derajat. Karena kalau pada anak, jika suhu tubuh mencapai tingkat tersebut, bisa mengakibatkan kejang dan bisa menimbulkan komplikasi yang lebih serius," jelasnya. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini