Mudik Pakai Sepeda Motor? Pastikan Tinggal Ketinggalan Toolkit Berikut Ini

Yowan R
Rabu 19 April 2023, 13:44 WIB
Ilustrasi peralatan yang harus dibawa saat mudik menggunakan sepeda motor (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi peralatan yang harus dibawa saat mudik menggunakan sepeda motor (Sumber : Freepik.com)

LABVIRAL.COM - Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan sepeda motor seperti mudik Lebaran 2023. Pemudik tentunya harus mempersiapkan segalanya, mulai dari kesiapan fisik, kendaraan, hingga peralatan pendukung yang harus dibawa.

Selain wajib mengenakan perlengkapan safety, peralatan-peralatan seperti toolkit juga perlu disiapkan untuk membuat perjalanan mudik menjadi lebih aman.

Baca Juga: Antisipasi, 7 Jenis Peralatan Bengkel Ini Wajib Ada di Mobilmu

Toolkit sendiri diperlukan jika suatu saat motor mengalami trouble di jalan. Contohnya, busi motor mati, rantai terlalu kendor, atau mungkin perlengkapan safety motor seperti spion terpaksa harus diganti di tengah perjalanan karena rusak.

Nah, untuk toolkit yang perlu dibawa saat mudik menggunakan sepeda motor ini adalah kunci-kunci bengkel, hingga komponen motor yang sekiranya dibutuhkan cepat.

Untuk lebih rincinya, simak daftarnya dibawah ini:

1. Kunci pas dan kunci ring

Kunci pas dan kunci ring menjadi alat yang ada didalam toolkit, alat ini penting ketika ada komponen dengan mur yang harus dibuka atau dikencangkan.

Baca Juga: 6 Jenis Kunci Pengaman yang Wajib Ada di Motormu dan Cara Pakainya

2. Kunci L

Selain wajib membawa kunci pas dan kunci ring, pemudik juga wajib membawa kunci L dengan berbagai ukuran yang biasanya dibutuhkan motor. seperti kunci L ukuran 4,5,6, dan 10.

3. Kunci busi

Kunci busi juga menjadi alat wajib yang harus dibawa dalam toolkit untuk perjalanan mudik. Kunci busi sangat membantu jika suatu saat harus melepas busi karena busi mengalami masalah.

Baca Juga: Tips Mengenali Busi Motor yang Perlu Diganti Berdasarkan Ciri-cirinya

4. Obeng

Obeng tersedia dengan beberapa jenis mata, tapi khusus untuk sepeda motor obeng yang digunakan hanya dua jenis obeng plus (+) dan obeng minus (-). Agar lebih simple, pemudik bisa membawa obeng bolak-balik yang biasanya diberikan sebagai bonus pembelian motor baru.

5. Tang

Tang tersedia dengan beberapa jenis, tapi sebaiknya pemudik membawa tang kabel dengan bagian mulut panjang dan tang kombinasi. Sehingga selain bisa memotong kabel atau kawat, juga dapat menjangkau area komponen sepeda motor yang sempit.

6. Senter

Bagi pemudik yang mengincar perjalanan mudik di malam hari, ada baiknya membawa senter untuk kebutuhan darurat. Selain membantu untuk penerangan saat perbaikan, senter juga membantu memeriksa area sempit yang kerap butuh cahaya tambahan saat perbaikan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini