6 Jenis Kunci Pengaman yang Wajib Ada di Motormu dan Cara Pakainya

Bonifasius Sedu Beribe
Rabu 29 Maret 2023, 10:09 WIB
Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) masih menjadi aksi kejahatan yang kerap terjadi

Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) masih menjadi aksi kejahatan yang kerap terjadi

LABVIRAL.COM, Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) masih menjadi aksi kejahatan yang kerap terjadi. Terutama di kota besar seperti Jakarta. Setiap hari ada saja berita soal curanmor.

Pencuri kini lebih berani melakukan aksinya. Bahkan sampai masuk ke rumah warga. Untuk itu diperlukan pengamanan ekstra motor. Salah satunya memakai kunci pengaman. Ada enam jenis kunci pengaman yang perlu kamu tahu. Dikutip dari wahanahonda.com berikut penjelasannya:

Baca Juga: Sebetulnya Berapa Jarak yang Tepat untuk Melakukan Servis Besar? Yuk Catat!

1. Gembok

Alat ini  terhitung serba guna. Awalnya, gembok biasa digunakan untuk mengunci pagar, tapi juga beralih  menjadi kunci sepeda motor. 

Pemilik motor biasanya memakaikan gembok di bagian lubang cakram. Sering terlihat gembok yang digunakan adalah yang berukuran besar dengan harapan sulit dibobol maling. Kelebihannya harga cukup murah. 

Sayang, kunci ini tidak diciptakan khusus untuk motor.   

2. Kunci di Rem Cakram

Kunci pengaman model ini cukup jadi favorit digunakan pemilik motor. Pemasangannya di cakram. Keunggulannya ukurannya kecil sehingga memudahkan pemilik kendaraan untuk menyimpannya. 

Materialnya juga cukup kuat.  Namun karena bentuk kecil dan tidak begitu terlihat, kadang membuat pemilik motor lupa motornya sedang terkunci. Akhirnya, saat motor dijalankan, kunci pengaman yang tertahan membuat kaliper atau sokbreker depan menjadi lecet. 

3. Kunci di Tuas Rem Kunci

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini