Cara Cek Jalan One Way dengan Google Maps Selama Mudik Lebaran 2023, Mudah Banget Langkah-langkahnya

Yowan R
Jumat 21 April 2023, 09:26 WIB
Ilustrasi jalan tol one way (Sumber : Dok, Toyota)

Ilustrasi jalan tol one way (Sumber : Dok, Toyota)

LABVIRAL.COM - Pemerintah Indonesia mulai memberlakukan peraturan tiga rekayasa lalu lintas sebagai upaya mengurangi kepadatan arus mudik dan arus balik selama Lebaran 2023.

Rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh pemerintah ini adalah ganjil genap, one way, dan contra flow. Peraturan ini juga sudah tertuang melalui Keputusan Bersama Nomor: P-DRJD 2616 Tahun 2023, SKB.48.IV.2023, 05/PKS/Db/2023 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah.

Baca Juga: Jadwal Rekayasa Lalu Lintas Lebaran 2023, Contraflow One Way Ganjil-Genap Arus Mudik & Balik

Dari ketiga rekayasa lalu lintas diatas, salah satu yang haru diperhatikan oleh para pemudik selama perjalanan adalah one way yang menjadi cara untuk mengurangi volume kendaraan yang melintas di jalan tol.

Karena itu, agar perjalanan mudik yang kalian lakukan tetap aman dan nyaman, tentunya harus selalu siap siaga mengetahui jalur one way yang berlaku. Untuk mengetahui jalur one way di setiap jalan tol selama arus mudik dan balik Lebaran 2023 bisa menggunakan aplikasi Google Maps.

Baca Juga: Biar Tidak Nyasar, Begini Tips Gunakan Google Maps

Lalu, bagaimana langkah-langkahnya? Simak berikut ini penjelasannya:

Cek one way menggunakan Google Maps

  • Buka aplikasi Google Maps di smartphone kalian.
  • Tulis area perjalanan Kota tujuan. Contohnya “Yogyakarta”.
  • Kemudian kalian bisa klik ikon layer yang ditandai dengan kotak dengan logo belah ketupat di pojok kanan atas.
  • Kembali ke peta Google Maps
  • Selanjutnya Google Maps akan menampilkan jalur peta dengan informasi lalu lintas Perbesar (zoom in) jalur yang ingin kalian lalui. Jalan yang menerapkan sistem one way akan ditandai menggunakan ikon “rambu dilarang masuk” yang berbentuk bulatan merah dengan garis putih.

Nah, itulah cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek jalur one way selama perjalanan mudik Lebaran 2023, muda bukan.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini