Cara Setting Preload Shockbreaker Belakang Motor Agar Tidak Ambles

Yowan R
Sabtu 22 April 2023, 14:25 WIB
Ilustrasi Shockbreaker Ohlins dengan yang dilengkapi settingan preload (Sumber : Olx.co.id)

Ilustrasi Shockbreaker Ohlins dengan yang dilengkapi settingan preload (Sumber : Olx.co.id)

LABVIRAL.COM - Shockbreaker pada sepeda motor menjadi salah satu komponen yang berpengaruh pada tingkat kenyamanan saat berkendara. Shockbreaker sendiri berperan untuk meredam guncangan saat melewati jalan yang tidak rata agar guncangan yang dirasakan oleh pengendara tidak terlalu berlebihan.

Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Shockbreaker Ohlins untuk Semua Jenis Motor

Selain berfungsi sebagai peredam guncangan, shockbreaker juga berpengaruh pada handling motor. Shockbreaker yang terlalu empuk mengakibatkan handling motor menjadi terlalu sulit dan laju motor menjadi tidak stabil. Karena itu pastikan shockbreaker motor ini selalu dalam kondisi yang baik agar dapat berfungsi dengan maksimal.

Shockbreaker motor yang baik, sebenarnya tidak selalu memiliki ayunan yang empuk, karena tiap tipe shockbreaker memiliki tingkat keempukan ayunan yang berbeda-beda.

Untuk motor balap, shockbreaker yang digunakan justru cenderung lebih keras. Karena untuk mendapatkan stabilitas motor saat digunakan bermanuver.

Shockbreaker yang ayunanya empuk biasanya cocok digunakan di jalan yang rusak atau bergelombang tapi akan sulit digunakan untuk dijalan yang rata dan banyak bermanuver.

Baca Juga: Tips Ampuh Bikin Shockbreaker Motor Lebih Awet!

Hal inilah yang membuat pabrikan menciptakan shockbreaker dengan tipe berbeda sesuai kebutuhannya. Tapi, ada beberapa shockbreaker dengan merek tertentu yang menyediakan shockbreaker dengan beberapa pilihan setting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Settingan preload shockbreaker 

Contohnya adalah settingan preload yang berfungsi untuk mengatur tingkat kekerasan per pada shockbreaker belakang motor.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini