Kenapa Ban Motor Masih Tebal Tapi Licin di Jalan Kering?

Yowan R
Minggu 23 April 2023, 15:34 WIB
Ilustrasi ban motor yang masih tebal (FOTO: Wahanahonda.com)

Ilustrasi ban motor yang masih tebal (FOTO: Wahanahonda.com)

LABVIRAL.COM – Pernah mengalami kondisi ban motor masih tebal tapi licin? Kondisi ini memang sering terjadi dan menjadi keluhan bagi sebagian pemilik sepeda motor.

Kondisi di mana ban motor yang licin ini umumnya disebabkan oleh kembangan ban motor atau alur ban sudah mulai botak. Tapi, ada banyak kasus juga di mana ban motor yang masih tebal justru licin saat digunakan. Padahal, digunakan di kondisi jalan yang kering.

Penyebab ban motor yang masih tebal tapi licin

Ban motor yang masih tebal tapi licin ini sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, contohnya adalah compound ban yang sudah terlalu keras.

Baca Juga: Sebelum Beli Ban Motor, Kamu Wajib Simak Tips Berikut Ini!

Compound ban yang terlalu keras pada ban motor yang masih tebal biasanya ditemui pada sepeda motor yang jarang digunakan. Compound ban yang sudah terlalu keras menyebabkan kemampuan ban untuk menggigit aspal (traksi) menjadi berkurang drastis. Terlebih saat jalanan basah seperti hujan, ban motor pasti terasa lebih licin.

Penyebab lain yang mengakibatkan ban motor yang masih tebal namun licin adalah ban yang sudah kadaluarsa atau sudah terlalu lama. Kondisi ini biasanya ditemukan pada ban-ban motor yang masih baru namun tidak habis terjual dalam waktu bertahun-tahun.

Karena itu, untuk menghindari salah membeli ban motor, kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan cara melihat kode produksi ban yang tertera pada pinggiran ban.

Baca Juga: Cara Ketahui Kapan Ban Motormu Diproduksi?

Agar kondisi ini tidak kamu alami, sebaiknya selalu perhatikan kondisi ban motor. Jika ban motor sudah cukup berumur tapi masih tebal, sebaiknya lakukan penggantian ban dengan ban baru.

Untuk usia maksimal ban yang jarang atau tidak pernah dipakai sama sekali adalah lima hingga enam tahun. Namun, untuk ban yang sudah pernah dipakai meskipun jarang, kamu bisa menggantinya jika ban sudah lebih dari tiga tahun demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini