Hati-hati! Ini Kesalahan Penggunaan Rem Pada Motor Matic

Yusuf Tirtayasa
Senin 24 April 2023, 08:02 WIB
Lebih Penting Mana Rem Depan atau Rem Belakang? (FOTO: Federaloil.co.id)

Lebih Penting Mana Rem Depan atau Rem Belakang? (FOTO: Federaloil.co.id)

LABVIRAL.COM - Berkendara dengan aman merupakan standar yang harus diterapkan oleh seluruh pengendara. Terlebih bagi pengguna sepeda motor matic, rem menjadi masalah yang seringkali dialami.

Bahkan, banyak kejadian jatuh dari sepeda motor karena salah dalam pemakaian rem. Ban depan seringkali terselip ketika terlalu keras mencengkram rem.

Motor matic sangat minim engine brake, karena itu mengerem menjadi pekerjaan yang cukup sulit. Kamu harus memperhatikan cara mengerem agar terhindar dari kesalahan yang cukup fatal nantinya.

Kebanyakan motor matic di Indonesia memiliki sistem continuous variable transmission (CVT). Ini dapat bekerja konstan mengubah diameter pulley untuk mengantat torsi ke roda belakang. 

Karena itu, penting memperhatikan cara mengerem pada motor matic. Berikut adalah beberapa kesalahan pengguna motor matic dalam mengerem mengutip dari Suzuki:

Cuma pakai satu rem

Setiap motor matic punya dua rem, yaitu depan dan belakang. Kesalahan umum pengendara matic adalah cuma mengandalkan satu rem yang bisa mengakibatkan motor jadi sulit dikendalikan.

Selain itu cara seperti ini juga bisa bikin salah satu kampas rem lebih cepat aus dibanding lainnya.

Baca Juga: Lebih Penting Mana Rem Depan atau Rem Belakang?

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini