WhatsApp Tidak Akan Lagi Bekerja Pada Perangkat Android Ini

Yusuf Tirtayasa
Kamis 27 April 2023, 18:07 WIB
Ilustrasi - WhatsApp meluncurkan fitur proxy (Sumber : IStock)

Ilustrasi - WhatsApp meluncurkan fitur proxy (Sumber : IStock)

LABVIRAL.COM - Beberapa waktu lalu, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk sejumlah perangkat Android lama. Informasi ini di publikasi lewat WABetaInfo.

Dikutip dari Gizchina, Rabu (26/4/2023), terdapat persyaratan minimum untuk update WhatsApp versi 2.39.9.2. WABetaInfo menjelaskan, bahwa WhatsApp tidak akan berjalan di aplikasi sebelum Android Lollipop 5.0.

Untuk diketahui, Android Lollipop sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2024. Ketika itu, Android ini menghadirkan desain Material You yang hingga sekarang masih menjadi dasar untuk tampilan Android.

Baca Juga: Cara Batalkan Delete for Me di WhatsApp Saat Salah Pilih Opsi Hapus Chat

Keputusan tersebut didasari dengan adanya fitur baru yang muncul pada update nanti. Sehingga, aplikasi lawas tak mampu untuk menjalankan beberapa fitur yang ditawarkan perusahaan media sosial tersebut.

Meski demikian, data terbaru menyebut bahwa pengguna Android 4.1 sudah tidak ada. Sedangkan pengguna Android 4.4 hanya sekitar 0,70 persen dari keseluruhan perangkat Android. Ini menunjukkan kalau pengguna yang berdampak paka kebijakan tersebut tidak terlalu besar.

Selain untuk perangkat Android, WhatsApp juga melakukan hal serupa untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi iOS. Tahun lalu, aplikasi chatting milik Meta itu telah mengumumkan berhenti mendukung iPhone yang masih menjalankan iOS 10 dan iOS 11.

WhatsApp menyebut pengguna iPhone dengan iOS 10 dan 11 tidak akan bisa lagi menggunakan layanan WhatsApp setelah 24 Oktober 2022. 

Dijelaskan pula lebih lanjut, perusahan menyarankan agar pengguna HP Apple memakai iPhone yang minimal menjalankan iOS 12.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini