6 Jenis Baterai Mobil Listrik yang Perlu Diketahui

Yusuf Tirtayasa
Jumat 28 April 2023, 06:56 WIB
Ilustrasi kendaraan mobil listrik (Sumber : Twitter/Teslanews10)

Ilustrasi kendaraan mobil listrik (Sumber : Twitter/Teslanews10)

LABVIRAL.COM - Baterai merupakan salah satu komponen penting pada mobil listrik. Komponen ini jadi sumber energi untuk menggerakkan kendaraan yang diklaim ramah lingkungan ini. 

Baterai yang digunakan oleh mobil listrik memiliki jenis yang beragam tergantung dengan sistem mobil. Salah satu jenis baterai mobil listrik yang paling banyak digunakan adalah lithium-ion.

Selain itu, masih ada beberapa jenis baterai mobil listrik yang perlu diketahui. Apa saja itu? Berikut enam jenis baterai pada mobil listrik dilansir dari laman Wuling.

1. Lithium-ion (Li-ion)

Seperti yang sudah disinggung di atas, jenis baterai yang satu ini paling sering digunakan pada mobil listrik. Baterai Lithium-ion sangat populer karena memiliki kepadatan energi yang tinggi, berat ringan, dan umur panjang.

Selain itu, baterai ini juga mudah diisi ulang dan memiliki waktu pengisian yang lebih cepat daripada jenis baterai lainnya.

Baterai mobil listrik ini terbuat dari karbon dan lithium yang sangat reaktif yang dapat menyimpan banyak energi. Namun, baterai ini juga memiliki kelemahan berupa harga mahal, sensitif terhadap suhu tinggi, dan rentan mengalami kerusakan jika tidak digunakan dalam waktu lama.

2. Nickel-Metal Hydride (NiMH)

Baterai NiMH memiliki kepadatan energi yang lebih rendah daripada Li-ion, sehingga mobil yang menggunakan baterai ini cenderung memiliki jarak tempuh yang lebih pendek. Namun, baterai ini lebih tahan lama daripada Li-ion.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini