Tidak Servis Berkala Tepat Waktu, Siap-siap Tanggung Sederet Kerugian Ini

Tim Redaksi Labviral
Sabtu 29 April 2023, 13:48 WIB
Servis berkala tepat waktu sangat penting loh! (FOTO:  INSTAGRAM/bengkelmobil_nganjuk)

Servis berkala tepat waktu sangat penting loh! (FOTO: INSTAGRAM/bengkelmobil_nganjuk)

LABVIRAL.COM – Servis berkala mobil merupakan kegiatan yang tak bisa diepelekan apalagi sampai diabaikan. Bahkan, meski tak berdampak secara langsung, servis berkala tak tepat waktu bikin kamu rugi sendiri.

Apa saja kerugian yang akan kamu dapat jika servis berkala mobilmu tak tepat waktu? Berikut penjelasan Labviral.com.

Boros bahan bakar

Karena oli telat diganti dan kemampuannya melumasi komponen bergerak jadi menurun maka tingkat gesekan di dalam mesin menjadi semakin tinggi. Kondisi ini menyebabkan mesin bekerja lebih berat. Jika dipaksakan terus menerus maka konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Baca Juga: Servis Berkala dan Tune Up, Apa Bedanya ?

Mobil kerap bermasalah

Dengan jarangnya servis berkala maka artinya jarang pula kondisi mesin, kaki-kaki dan kelistrikan dilakukan pengecekan. Padahal mobil sebagai alat transportasi yang terdiri dari berbagai macam komponen bergerak harus selalu dicek kondisinya.

Bukan tak mungkin ada komponen yang sebenarnya harus diganti namun karena tak pernah dipantau maka menyebabkan mobil bermasalah di tengah perjalanan.

Baca Juga: Mobil Baru Dibawa Mudik, Jangan Lupa Servis Berkala 1.000 Km

Perbaikan lebih mahal dan lama

Percaya kah kamu bahwa dengan memutuskan untuk jarang servis justru bisa membuatmu mengeluarkan dana lebih banyak? Hal itu bisa saja terjadi karena mesin yang tidak terawat memiliki tingkat keausan tinggi. Belum lagi sejumlah komponen fast moving yang harusnya segera diganti kinerjanya terus-terusan menurun dan berpotensi membuat masalah di tengah jalan.

Contoh pada oli mesin, jika tak pernah diganti maka volumenya akan menyusut dan kualitasnya menurun. Jika demikian bisa membuat mesin jebol. Contoh air radiator, tak pernah ditambah dengan yang baru maka sistem pendinginan menurun kemampuannya dan bisa membuat mesin overheat dan jebol.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Servis Berkala dan Tune Up, Apa Bedanya ?

Minggu 26 Maret 2023, 15:03 WIB
Servis Berkala dan Tune Up, Apa Bedanya ?
Berita Terkini