Mobil Baru Dibawa Mudik, Jangan Lupa Servis Berkala 1.000 Km

Aci
Minggu 26 Maret 2023, 15:22 WIB
Mercedes-AMG G 63 Edition 53 (Sumber : Twitter/ FORTUNE Indonesia)

Mercedes-AMG G 63 Edition 53 (Sumber : Twitter/ FORTUNE Indonesia)

LABVIRAL.COM - Pemerintah Indonesia telah mengumumkan hari Libur Nasional untuk perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah dan cuti bersama, yang disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring di laman Youtube Sekretariat Presiden.

Dengan kesempatan ini, tentu perlu persiapan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, mudik. Bahkan jika mobil baru sekalipun, perlu melakukan servis perdana pada 1.000 kilometer pertama. Penetapan batas maksimal servis berkala pertama itu dibuat karena pertimbangan teknis. Servis berkala dilakukan untuk memastikan bagian-bagian mobil tetap berfungsi optimal.

Baca Juga: Daftar Rest Area Keren Semarang - Solo, Cocok Jadi Tempat Nongki Saat Mudik

Selain berdasarkan jarak tempuh, pemeriksaan juga dilakukan dengan ukuran waktu yaitu satu bulan dari penyerahan mobil. Alasan servis berkala dilakukan pada jarak tempuh itu juga sebagai bagian dari deteksi dini kondisi mobil. Dengan cara ini, diharapkan kerusakan, bila ada, tidak bertambah besar dan menjalar ke komponen lainnya.

Kerusakan bisa langsung diperbaiki dan pemilik kendaraan terhindar dari pengeluaran atau biaya perbaikan yang besar. Yang tidak kalah penting, servis berkala 1.000 km merupakan salah satu pertimbangan pemberian garansi karena syarat utama garansi adalah servis berkala secara rutin di bengkel resmi. Saat servis berkala satu bulan pertama, dilakukan pemeriksaan secara detail untuk seluruh komponen bergerak di mobil.

Baca Juga: Pasti, Mudik Tahun Ini Gak Ada Lagi Penyekatan dan Putar Balik

Bagian pertama yang dicek meliputi fungsi dari seluruh komponen interior atau ruang kemudi, seperti sistem kemudi, sistem keamanan, fungsi kelistrikan, AC, lampu interior, seatbelt, dan head unit. Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian eksterior, meliputi bodi, pintu, dan fungsi penunjang seperti lampu mobil dan wiper. Berlanjut ke bagian mesin, petugas akan menjalankan pemeriksaan oli mesin dan kondisi fan belt.

Tak hanya itu, petugas bengkel juga akan mengecek volume air radiator, minyak rem, fluida-fluida lainnya, dan pengecekan fungsi mesin secara umum serta sistem penggerak dan bagian sasis kendaraan.

Baca Juga: Mudik Lebaran Pakai SUV, Ada 3 Hal Penting yang Gak Boleh Kamu Abaikan

Manfaat pengecekan tersebut sangat terasa mengingat saat ini sedang musim hujan dengan cuaca yang tidak menentu, sehingga mobil wajib selalu dalam kondisi prima dan mengurangi kekhawatiran timbul masalah teknis di perjalanan.

Jika terdeteksi ada kerusakan, maka petugas akan segera melakukan penggantian spare parts secara gratis. Untuk mobil Toyota, Aftersales Division Head Auto2000, Nur Imansyah Tara, mengatakan bahwa komponen yang dijamin oleh garansi Toyota dan bukan kerusakaan akibat salah perlakuan, bisa diganti secara gratis saat servis 1000 km.

Baca Juga: Daftar Rest Area Tol Cipularang, Mudik Wajib Istirahat

“Servis berkala satu bulan atau 1.000 km pertama memiliki fungsi yang sangat penting untuk memeriksa dan memastikan kondisi mobil Toyota milik AutoFamily selalu dalam kondisi prima mulai dari awal penggunaan. Semakin penting lantaran saat ini sedang musim hujan sehingga mobil dituntut agar selalu siap dalam segala kondisi jalan,” kata Nur.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini