Mudik Lebaran Pakai SUV, Ada 3 Hal Penting yang Gak Boleh Kamu Abaikan

Aci
Minggu 26 Maret 2023, 15:14 WIB
Ilustrasi: Mobil SUV

Ilustrasi: Mobil SUV

LABVIRAL.COM - Menyambut musim mudik Lebaran, kamu yang melakukan perjalanan ke kampung halaman harus mempersiapkan segala sesuatunya lebih baik, terlebih bagi kamu yang menggunakan mobil SUV.

Julian Johan sebagai instruktur offroad membagikan informasi perihal apa saja yang harus diperhatikan selama perjalanan agar tetap aman dan nyaman.

Seperti yang kita ketahui, mobil yang berada di segmen SUV lebih cenderung memiliki dimensi yang lebih tinggi dan ada hal yang memang harus diperhatikan, diantaranya adalah manajemen barang bawaan, manajemen driving behaviour, serta managemen braking point selama mudik.

Baca Juga: Daftar Rest Area Keren Semarang - Solo, Cocok Jadi Tempat Nongki Saat Mudik

"Jadi pertama, sebelum kita mulai mudik, itu adalah management buat meletakkan barang. Meski terkesan sepele, tapi karena mobilnya itu tinggi, kalau misalnya kita meletakkan barangnya itu salah, itu cukup berpengaruh ke limbungnya mobil," katanya.

Ia mencontohkan, banyak mobil SUV yang sudah di-upgrade dengan bagian atap dipasang roofrack atau box dan diisi banyak barang.

"Sebenarnya, bawa banyak barang itu tidak masalah. Tapi pada intinya, bobotnya itu barang yang berat-berat jangan ditempatkan di atas. Taruh di bawah di bagasi," ungkap pria yang akrab disapa Jeje ini.

Baca Juga: Pasti, Mudik Tahun Ini Gak Ada Lagi Penyekatan dan Putar Balik

Selanjutnya untuk penganturan barang, kamu harus memastikan barang bawaan yang memiliki bobot ringan karena harus ditempatkan di dalam bagasi untuk meminimalisir limbungnya mobil.

"Sementara untuk yang di bagian atas ditaro barang-barang yang lebih ringan, misalnya buat tas pakaian atau misalnya kita mudik mau bawa makanan yang enteng, itu bisa taro di atas. Karena kalau yang berat-berat di atas, itu pengaruhnya lumayan berasa ke bodyroll kendaraan kita," lanjutnya.

Baca Juga: Daftar Rest Area Tol Cipularang, Mudik Wajib Istirahat

Untuk poin kedua yakni management driving behaviour, pria yang begitu dekat dengan dunia SUV ini membeberkan bagaimana perilaku berkendara yang harus dilakukan. Terlebih ketika beban yang diangkut cukup banyak saat mudik, Jeje memintamu harus berhati-hati dalam melakukan manuver ketika dalam perjalanan mudik.

"Jadi, kalau kita bawa mobilnya pas lagi mudik seperti kita lagi bawa mobil kosongan tanpa ada penumpang atau tanpa ada barang, begitu dalam keadaan full load, maka akan sangat berbahaya terutama pas lagi manuver atau menikung-nikung," katanya.

Baca Juga: Mudik Lebaran, Tips Aman Meninggalkan Mobil di Rumah

Sementara poin ketiga yang cukup krusial menurut Jeje adalah braking point. Ia berpesan, jangan samakan braking point mobil saat barang kosong dengan mobil saat bermuatan banyak. Hal ini akan berdampak pada faktor keselamatan saat perjalanan mudik.

"Sama satu lagi adalah titik pengereman. Karena SUV itu tergolong berat dengan ukuran ban yang besar dan kita dalam keadaan muatan penuh, dia mesti remnya lebih awal lagi. Tidak bisa seperti kita mengerem harian yang ngeremnya di ujung banget. Kalau kita lagi mudik dengan muatan full, baik orang ataupun barang, itu titik pengeremannya mesti lebih awal lagi," tandasnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
Tech

Salon Mobil di Depok, Ada Yang Unik Nih!

Sabtu 25 Maret 2023, 17:06 WIB
Salon Mobil di Depok, Ada Yang Unik Nih!
Berita Terkini