5 Tips Aman Membeli Spare Part Motor di E-Commerce Biar Nggak Tertipu

Yowan R
Sabtu 29 April 2023, 14:31 WIB
Ilustrasi penjualan sparepart motor secara online (Sumber : nusantara-sakti.com)

Ilustrasi penjualan sparepart motor secara online (Sumber : nusantara-sakti.com)

LABVIRAL.COM - Belanja sparepart motor secara online memang lebih praktis dan hemat tenaga dibandingkan membeli langsung di toko offline.

Sayangnya, di toko online banyak pedagang spare part yang menawarkan produk-produk imitasi yang tampilannya sangat mirip dengan produk orisinil.

Baca Juga: Kisah Konsumen E-commerce Dapat Flash Sale Mobil, Cuma Rp9 Ribu

Karena itu, saat membeli sparepart motor secara online harus lebih hati-hati. Agar terhindar dari penipuan saat memberi sparepart secara online, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Berikut tips aman membeli sparepart motor online:

1. Teliti dalam memilih toko online

Tips pertama yang harus dilakukan saat ingin membeli sparepart motor secara online adalah teliti dalam memilih toko. Untuk memilih toko online yang baik, kamu harus mengetahui reputasi toko online di salah satu e-commerce yang kamu gunakan.

Baca Juga: Hati-hati dalam Membeli Oli di Toko Online! Ini Merek Oli Motor yang Sering Dipalsukan

Umumnya, toko dengan reputasi yang baik akan ditandai dengan rating dan banyak simbol bintang. Selain itu, kamu juga harus memeriksa dan membaca ulasan dari para pelanggan yang pernah membeli di toko online tersebut.

2. Jangan tergiur dengan harga yang murah

Tips selanjutnya adalah jangan tergiur dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan toko offline. Apalagi jika harganya jauh dibawah dari harga pasaran sparepart yang akan dibeli.

Karena, dengan harga yang lebih murah ini justru sparepart yang akan didapatkan belum tentu layak digunakan.

3. Baca deskripsi produk dengan teliti

Setiap toko online di berbagai e-commerce pasti akan mencantumkan deskripsi produk yang mereka jual. Jadi, sebelum memastikan untuk membayar produk yang kamu pilih, bacalah terlebih dahulu deskripsi produk dengan teliti.

Baca Juga: Update Harga Terbaru Ban Tubeless Motor Matic September 2022

Jangan sampai sparepart yang kamu beli tidak sesuai dengan yang diharapkan karena kamu tidak membaca deskripsi produk.

4. Pastikan garansi dan kualitas sparepart

Agar tidak merasa tertipu saat barang yang dibeli secara online datang, tidak ada salahnya jika menanyak kepada penjual terkait garansi dan kualitas sparepart yang akan dibeli.

Karena, banyak toko online yang tidak memberikan garansi dengan berbagai alasan. Seperti barang yang dijual bukanlah produk original ataupun memiliki minus.

5. Simpan bukti pembayaran

Meskipun membeli sparepart secara online, kamu juga disarankan untuk menyimpan bukti pembayaran dengan benar. Sebab, bukti pembayaran ini bisa digunakan untuk komplain ke penjual jika barang yang diterima mengalami cacat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini