Sering Terganggu? Ini 5 Cara Mudah Hentikan SMS Spam di Handphone

Yowan R
Selasa 02 Mei 2023, 14:32 WIB
Ilustrasi SMS spam yang memiliki link Malware (Sumber : pcmag.com)

Ilustrasi SMS spam yang memiliki link Malware (Sumber : pcmag.com)

LABVIRAL.COM - Saat membuka HP dan menemukan pesan-pesan atau SMS yang tidak diinginkan memang cukup menjengkelkan. Pesan-pesan aneh yang terkadang masuk di HP ini berupa penawaran aneh, spam, tak jarang juga penipuan dengan modus tertentu.

Bahkan beberapa pesan span juga berisi tautan yang menuju ke malware berbahaya yang berpotensi mencuri data hingga pembobolan internet banking.

Baca Juga: Blokir Email Spam di Gmail dengan Trik Sederhana Ini

Karena itu, sebaiknya pengguna HP yang sering mendapatkan pesan-pesan tersebut mencoba untuk menghentikannya atau meminimalkan pesan spam tersebut.

Untuk menghentikan atau meminimalkan pesan spam tersebut, kamu bisa memblokir pesan spam atau memfilternya, seperti dikutip dari Business Insider berikut ini 5 cara yang bisa kamu gunakan:

1. Dilarang menanggapi SMS yang asing, aneh, dan tidak diinginkan

Umumnya, SMS spam akan menawarkan beberapa fitur termasuk fitur untuk berhenti mendapatkan pesan dengan membalas menggunakan kata “STOP atau UNREG” pada SMS tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Mengenali Spam Call agar Terhindar dari Penipuan

Padahal, dengan membalas SMS ini, pengirim SMS spam justru akan lebih berani atau aktif untuk mengirim SMS spam yang lebih banyak lagi. Karena, pesan balasan yang kamu kirimkan malah bisa dianggap sebagai sinyal atau pertanda jika kamu sudah aktif terlibat.

2. Laporkan pengirim SMS spam ke provider yang kamu gunakan

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghentikan SMS spam adalah melaporkan nomor pengirim SMS spam ke penyedia layanan telepon atau provider yang kamu gunakan.

Cara ini mungkin tidak akan mendapatkan hasil yang instan, dengan cara ini kamu bisa menghentikan nomor si pengirim SMS spam ini tetap beroperasi secara bebas.

3. Filter pengirim SMS spam

Hampir semua HP saat ini memiliki pengaturan untuk memfilter SMS yang berpotensi spam secara otomatis. Sehingga tidak muncul dalam daftar yang sama dengan SMS penting dari kontak yang dikenal.

4. Blokir pengirim SMS spam

Khusus bagi kamu yang mendapatkan SMS spam dari satu nomor yang sama, kamu bisa menghentikan SMS spam tersebut dengan cara blokir nomor pengirim SMS spam. Tapi, hal ini tidak dapat dilakukan setiap kali. Sebab, umumnya SMS spam akan dikirimkan dengan berbagai nomor berbeda.

Baca Juga: Kenali Bahaya Pesan Spam di Medsos, Bisa Curi Uang Kripto Kamu

5. Gunakan aplikasi berbayar untuk memblokir SMS

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi SMS spam yang masuk adalah menggunakan aplikasi pemblokir SMS spam berbayar. Aplikasi berbayar ini saat ini sudah cukup banyak, jadi kamu bisa memilihnya sesuai dengan rating tertinggi.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan: Nomorobo, Hiya, Robokiller, YouMail, Truecaller, dan TrapCall, seperti dikutip dari Norton.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini