6 Tips Mengenali Spam Call agar Terhindar dari Penipuan

Annisa Fadhilah
Selasa 28 Maret 2023, 21:03 WIB
Ilustrasi bertelepon (Sumber : Unsplash/taylor grote)

Ilustrasi bertelepon (Sumber : Unsplash/taylor grote)

LABVIRAL.COM - Salah satu bentuk modus penipuan yang sering terjadi adalah menggunakan spam call. Istilah ini merujuk pada sebuah telepon yang dengan nomor tidak dikenal.

Biasanya, spam call ini selalu menawarkan sesuatu yang berujung pada permintaan uang. Seseorang yang melakukan spam call biasanya akan meminta data pribadi seperti kode OTP (One-time passwords). Pada akhirnya, spam call berujung dan mengarah kepada penipuan.

Maka dari itu, kamu harus hati-hati supaya terhindar dari modus penipuan spam call. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba.

Tidak terus-terusan menelepon

Ilustrasi sebuah tangan yang sedang memegang smartphone. (Pixabay.com/Pexels )

Penelepon dengan nomor baru, jika memang seorang yang kenal pasti akan menelepon kamu sebanyak dua kali atau terus-menerus. Sedangkan, jika spam call ini pasti cuma sekali. 

Jadi tips yang pertama, jika ada panggilan dengan nomor baru, maka biarkan terlebih dahulu dan jangan diangkat. Biasanya para pengguna spam call tidak akan menelepon kedua kalinya karena akan menghabiskan waktu.

Nomor tidak dikenal

Ilustrasi seorang wanita yang mengetahui ada panggilan tak terjawab di gawainya. (Freepik.com/wayhomestudio)

Salah satu cara untuk menghindari spam call dengan mudah adalah mengetahui jika nomor penelepon tidak dikenal. Biasanya nomor yang tidak dikenal ini datang dari nomor handphone dan bukan dari kantor atau kode area tertentu.

Nomor penelepon yang hampir sama

Ilustrasi telepon genggam. (Pixabay.com/FlitsArt )

Salah satu ciri spam call selanjutnya adalah nomor penelepon hampir sama dengan nomor yang digunakan menelepon sebelumnya. Perbedaan nomor hanya ada di tiga digit nomor paling belakang, seperti 987, 988, atau 999.

Penyampaian informasi tidak profesional

Ilustrasi seorang wanita yang sedang berkomunikasi via telepon. (Pixabay.com/Karolina Grabowska )

Salah satu ciri dari spam call ini biasanya dalam hal penyampaian informasi tidak profesional. Para penelepon spam call cenderung memaksa kamu untuk melakukan sesuatu. Selain itu, bahasa yang digunakan oleh penelepon selalu tidak profesional. Jika sudah terlanjur berkomunikasi, usahakan lakukan pertanyaan-pertanyaan balik yang kritis terhadap si penelepon.

Baca Juga: 7 Jenis Penipuan Online yang Sering Makan Korban, Waspadai Ya!

Tidak menghubungi via aplikasi

Ilustrasi kumpulan aplikasi yang ada di smartphone. (Pixabay.com/ Jan Vašek)
Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkini