Tutup Radiator Mobil Rusak, Ciri-cirinya Seperti Ini

Tim Redaksi Labviral
Selasa 02 Mei 2023, 18:31 WIB
Tutup Radiator Mobil Rusak, Ciri-cirinya Seperti Ini (FOTO: Instagram.com/engineplus_performanceparts)

Tutup Radiator Mobil Rusak, Ciri-cirinya Seperti Ini (FOTO: Instagram.com/engineplus_performanceparts)

LABVIRAL.COM – Setiap mobil pasti mempunyai sebuah radiator. Dalam radiator, terdapat bagian yang namanya tutup radiator yang ternyata punya fungsi yang penting. Jika tutup radiator sampai rusak, bisa menjadi masalah besar

Dilansir Labviral.com dari situs resmi Suzuki, berikut ciri-ciri tutup radiator rusak yang perlu waspadai.

1. Karet di Katup Pressure Valve Getas Kemudian Pecah

Pressure valve adalah bagian yang fungsinya menjaga tekanan pada dalam saluran sistem pendingin supaya selalu seimbang dan tetap stabil. Jika menemukan karetnya getas, pecah, atau bahkan sobek, maka ciri ini bisa menandakan tutup radiator rusak. 

Penyebabnya adalah tekanan dalam saluran pending yang terus meningkat, kemudian kekuatan tekanannya melebihi kemampuan pegas di pressure valve. Nantinya, karet pada katup lama kelamaan akan rusak dan aliran air akan keluar dari tempat pressure valve.

Baca Juga: Air Radiator Mobil Kenapa Beda-beda Warna Ya Gaes?

2. Katup Vacuum Valve Hilang/ Pecah

Tutup radiator memiliki fungsi yang cukup penting yaitu untuk mengatur pendinginan mesin. Salah satu ciri dari tutup radiator yang rusak adalah mesin terlalu panas. Penyebabnya biasanya akibat dari patah atau pecahnya katup vacuum valve atau, bisa juga katupnya hilang.

3. Tank Reservoir  Radiator Penuh

Selanjutnya, coba periksa kondisi kerusakan pada tutup radiator dengan memantau kondisi mesin, kemudian juga cek jumlah cairan pendingin yang ada di dalamnya. Cirinya adalah ketika reservoir tank radiator  penuh dengan air dari radiator.

Ciri lainya yang perlu diwaspadai adalah kalau cairan pendingin dalam radiator dan di saluran pendingin berkurang. Untuk mengetahuinya, bisa cek tutup radiator ketika reservoir tank sedang penuh sampai meluber.

Baca Juga: Radiator Mobil Bocor, Jangan Sampai Terjadi Saat Mudik Deh!

4. Air di Radiator Cepat Habis

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini