Nggak Pakai Ribet, Ini 5 Tips Cegah HP Overheat di Tengah Cuaca Panas

Yowan R
Rabu 03 Mei 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi pengecasan smartphone (Sumber : pinterest.com/Reader's Digest)

Ilustrasi pengecasan smartphone (Sumber : pinterest.com/Reader's Digest)

LABVIRAL.COM - Selain berdampak pada makhluk hidup dan tumbuhan, cuaca panas juga dapat berdampak pada berbagai perangkat elektronik, termasuk HP atau smartphone.

HP yang terkena dampak dari cuaca yang panas dapat mengakibatkan overheat atau kelebihan panas yang bisa memperlambat kinerja HP, merusak baterai, hingga merusak komponen lainnya.

Karena itu, saat cuaca panas para pengguna HP atau smartphone perlu mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya overheat pada HP. 

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai Smartphone Biar Nggak Boros, Kalian Wajib Coba!

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegah HP tidak overheat saat cuaca panas? Simak ulasannya berikut ini:

1. Hindari HP terkena paparan sinar matahari secara langsung

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah HP overheat saat cuaca panas adalah menghindari HP terkena paparan sinar matahari langsung. Sebab, paparan sinar matahari meningkatkan risiko HP overheat. Pastikan untuk menjaga HP di tempat yang teduh dan sejuk seperti di dalam tas.

2. Batasi penggunaan aplikasi berat

Selain menghindari paparan sinar matahari langsung, untuk mencegah HP overheating saat cuaca panas adalah membatasi penggunaan aplikasi berat. Aplikasi berat membutuhkan lebih banyak daya sehingga membuat HP menjadi lebih panas.

Baca Juga: Cara Mengatasi Smartphone Android yang Terinfeksi Malware

3. Nonaktifkan fitur yang tidak diperlukan

Matikan fitur yang tidak diperlukan saat tidak digunakan untuk mengurangi beban pada perangkat. Fitur-fitur tersebut seperti GPS, Bluetooth, Wi-Fi, atau aplikasi yang terus berjalan di latar belakang.

4. Turunkan kecerahan layar

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mencegah HP overheating saat cuaca panas adalah menurunkan kecerahan layar. Sebab, kecerahan layar yang terlalu tinggi bisa memicu peningkatan temperatur HP.

Baca Juga: Cara Atasi Smartphone Lemot, Jangan Dijual Dulu!

5. Hindari bermain HP sambil mengisi daya

Cara terakhir untuk mencegah HP overheating saat cuaca panas adalah tidak bermain HP sambil mengisi daya. Bermain HP sambil mengisi daya dapat meningkatkan suhu HP secara ekstrim, sehingga sangat berisiko terjadi overheat.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini