Dashboard Mobil Retak, Cara Mengatasinya Klik Ajalah!

Tim Redaksi Labviral
Rabu 03 Mei 2023, 13:15 WIB
Dashboard Mobil Retak, Cara Mengatasinya Klik Aja! (FOTO: Dok.Lexus)

Dashboard Mobil Retak, Cara Mengatasinya Klik Aja! (FOTO: Dok.Lexus)

LABVIRAL.COM – Eksterior dan interior mobil sebenarnya membutuhkan perawatan khusus. Terutama pada bagian dashboard, bumper, wiper cowl, atau bagian plastic lainnya pada mobil. Tentu, pada bagian tersebut mudah terlihat kotor dan kusam jika kamu tidak merawatnya dengan baik.

Terlebih jika posisinya berada di belakang kaca atau eksterior mobil yang mengakibatkannya cepat kusam, bahkan ada yang sampai retak karena terkena sinar matahari. Dashboard retak sering menjadi salah satu masalah utama mobil yang sudah berusia di atas lima tahun.

Pada umumnya, ini terjadi pada dashboard mobil yang terbuat dari material plastik yang sering terpapar sinar matahari langsung ataupun berada pada suhu kabin yang tinggi. Jika hal tersebut juga terjadi pada dashboard mobil kesayanganmu, tak perlu panic. Kamu bisa ikuti tips dari Labviral.com ini.

Baca Juga: Fitur Rem ABS pada Mobil, Ini Jajaran Komponennya

Gunakan cairan pengisi khusus

Kamu dapat menggunakan cairan pengisi khusus dashboard. Cairan ini cukup mudah ditemukan di toko otomotif dan bengkel. Kamu pun dapat memilih warna yang sesuai dengan kebutuhan, karena cairan ini memiliki beragam warna.

Pelapis dashboard

Menggunakan pelapis dashboard juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi dashboard mobil yang retak. Pelapis ini juga mudah ditemukan pada toko variasi jok, sama seperti cairan pengisi khusus dashboard. Pelapis ini juga memiliki warna yang beragam. Namun untuk menggunakannya, kamu perlu berhati-hati agar pelapis tidak menutupi airbag mobil kamu yang dapat mengganggu keselamatan saat terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Tutup Radiator Mobil Rusak, Ciri-cirinya Seperti Ini

Cairan pembersih khusus

Kamu juga bisa menggunakan cara lain dengan menggunakan penyedot debu, kemoceng, atau kain lap bersih dengan permukaan yang halus sehingga tidak meninggalkan lecet pada dashboard mobil. Tak hanya itu, kamu juga dapat menyemprotkan cairan pembersih khusus dashboard. Sangat disarankan pula untuk memilih cairan lotion dan menghindari cairan yang mengandung silikon, agar warna pada permukaan dashboard tidak berubah.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Rem ABS pada Mobil, Mari Ketahui

Mengganti dashboard

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini