Kopling Berat dan Keras Saat Berkendara? Ketahui Penyebabnya

Tim Redaksi Labviral
Rabu 03 Mei 2023, 21:07 WIB
Kopling Berat dan Keras Saat Berkendara? Ketahui Penyebabnya (FOTO: Lampost)

Kopling Berat dan Keras Saat Berkendara? Ketahui Penyebabnya (FOTO: Lampost)

LABVIRAL.COM – Berangkat kerja, liburan, hingga mudik Lebaran pasti akan sering menggunakan kendaraan, terutama kendaraan roda empat. Untuk kamu yang menggunakan mobil manual, pasti sudah akrab dengan yang namanya kopling. Pedal paling kiri ini adalah bagian terpenting pada mobil transmisi manual, karena kalau tidak ada kopling maka mobilmu tidak akan berjalan.

Tentu saja, mobil manual tak pernah absen kalau masalah kopling, karena banyak pengguna yang mengeluhkan jika pedal koplingnya terasa berat dan keras saat diinjak. Namun, kerasnya pedal kopling pada mobil pasti ada penyebabnya. Hal itu perlu diperiksa lebih lanjut, karena dapat menyebabkan kaki tidak bekerja lebih ekstra, dan bahkan bisa membuat pengendara kehilangan konsentrasi saat berkendara.

Baca Juga: Kampas Kopling Mobil Cepat Aus, Hindari Cara Berkendara dengan 5 Kebiasaan Buruk Ini

Berikut penyebab dan cara mengatasi kopling yang keras yang telah dirangkum Labviral.com:

Kabel kopling kering

Kasus kabel kopling kering sudah biasa terjadi pada mobil manual. Oleh karena itu, sebaiknya kamu rutin melumasinya dengan oli atau serbuk khusus. Tak hanya itu, tapi setelah diberi pelumas, kamu juga perlu melakukan setel ulang kabel kopling agar lebih fleksibel dan sesuai dengan keinginanmu.

Kampas kopling menipis

Penyebab lain kopling menjadi keras adalah karena kondisi kampas kopling yang sudah menipis. Jika dibiarkan, kampas kopling yang menipis ini bisa menimbulkan masalah lebih serius. Bukan tidak mungkin, kerusakan akan merembet pada komponen mesin lainnya.

Kampas kopling yang sudah tipis ini memang biasanya karena usia pemakaian, dan sebaiknya tidak disiasati. Sebaiknya kamu melakukan penggantian kampas kopling dengan yang baru saja.

Baca Juga: Ganti Kabel Kopling Motor Pastikan Pas, Jangan Terlalu Panjang

Pilot bearing bermasalah

Pilot bearing berfungsi untuk menopang input shaft agar sejajar terhadap sumbu tengah poros engkol. Jika ada masalah pada komponen ini, maka gigi akan sulit dipindahkan dan pedal kopling mobil pun akan terasa keras. Jika terjadi kerusakan pada komponen pilot bearing ini, sebaiknya segera lakukan penggantian agar fungsi pedal kopling kembali normal.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini