Beda Ban Beda Medan, Ini Perbedaan Ban AT dan MT pada Mobil

Tim Redaksi Labviral
Kamis 04 Mei 2023, 18:15 WIB
Beda Ban Beda Medan, Ini Perbedaan Ban AT dan MT pada Mobil (FOTO: INSTAGRAM/dunlop_eu)

Beda Ban Beda Medan, Ini Perbedaan Ban AT dan MT pada Mobil (FOTO: INSTAGRAM/dunlop_eu)

LABVIRAL.COM - Secara umum, ban mobil memiliki berbagai fungsi seperti menahan guncangan, beban kendaraan serta muatannya, mengendalikan arah pergerakan, dan memberi gaya gesek untuk pengereman yang pakem. Namun, tahukah kamu bahwa ban pun memiliki spesifikasi tertentu?

Saat membeli ban, pada dinding ban akan terlihat beberapa simbol, diantaranya adalah AT dan MT. Lantas apa perbedaan ban AT dan MT pada mobil? Simak ulasan Labviral.com berikut untuk mengetahui ban mana yang tepat untuk kebutuhan mobil kamu.

Baca Juga: Cara Paling Tepat Bersihkan Ban Mobil, Gak Main Gosok Aja Ya!

Perbedaan Ban AT dan MT

Ban AT (All Terrain)

Simbol AT merupakan singkatan untuk “all terrain” yang secara harfiah berarti “segala medan”. Artinya, jenis ban ini dapat digunakan untuk segala medan, baik jalanan beraspal dalam kota hingga medan kasar atau off-road.

Ban mobil jenis AT memiliki permukaan alur tapak yang lebih kasar dibanding ban jenis HT (highway terrain) atau ban yang lebih ditujukan untuk jalanan beraspal. Alur-alur ini memungkinkan ban memiliki daya cengkram yang lebih baik sehingga mampu digunakan di medan off-road.

Jika dijabarkan dalam komposisi, ban jenis AT dapat digunakan di jalan beraspal dan off-road dengan perbandingan 1:1. Jika kamu memiliki kendaraan tipe SUV dan sering beralih medan, ban tipe AT adalah pilihan kamu.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini yang Harus Dilakukan Saat Ban Mobil Pecah di Jalan

Ban MT (Mud Terrain)

Jenis ban selanjutnya adalah MT atau mud terrain. Sesuai namanya, ban jenis MT lebih diperuntukan bagi kondisi medan yang lebih ekstrim seperti jalanan berpasir atau berlumpur. Alur tapak ban pun lebih lebar dan kasar sehingga mampu melibas jalan off-road tanpa kendala berarti.

Ban jenis MT ini dapat melintasi jalan aspal dan jalanan off-road dengan perbandingan 1:3. Menariknya, perbedaan ban AT dan MT pada mobil adalah performa ban pada saat melintasi jalan beraspal. Meskipun dirancang dengan alur yang lebih kasar, ban MT justru kurang memiliki performa yang baik saat berada di jalanan beraspal dibandingkan ban AT.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini