Tips Berkendara Aman di Sekitar Truk atau Bus, Jurus Hindari Kecelakaan

Tim Redaksi Labviral
Kamis 04 Mei 2023, 18:21 WIB
Tips Berkendara Aman di Sekitar Truk atau Bus, Jurus Hindari Kecelakaan (FOTO: Shutterstock)

Tips Berkendara Aman di Sekitar Truk atau Bus, Jurus Hindari Kecelakaan (FOTO: Shutterstock)

LABVIRAL.COM - Berkendara di sekitar truk atau bus tak boleh sembarangan karena kecelaan bisa saja terjadi. Tentu, semua orang tak mau ada kecelakaan. Maka sebaiknya kamu tetap berhati-hati dalam mengemudi kendaraan. Pastinya, harus ekstra hati-hati ketika berkendara berdampingan dengan kendaraan yang lebih besar.

Karena seperti yang diketahui, kecelakaan yang melibatkan dua jenis kendaraan seperti mobil pribadi dan truk terbilang masih tinggi. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, kamu harus memahami karakter dari truk. Dimensi truk yang besar menjadi salah satu penyebab kenapa truk menjadi berbahaya bagi kendaraan yang berukuran kecil.

Untuk kalian yang belum paham bahayanya berkenadara atau mengemudi di sekitar truk dan bus besar, berikut tips aman berkendara di sekeliling mobil besar yang telah dirangkum oleh Labviral.com.

Baca Juga: Kampas Kopling Mobil Cepat Aus, Hindari Cara Berkendara dengan 5 Kebiasaan Buruk Ini

Jaga jarak aman

Jaga jarak aman minimal 3-4 detik dibelakang truk besar. Semakin jauh semakin bagus, biarkan kendaraan lain mendahului karena lebih aman berada di jarak yang jauh dengan truk besar. Dan tentu saja jangan berada di titik buta atau blind spot dari truk tersebut.

Pentingnya tanda atau isyarat

Kamu perlu memberikan tanda atau insyarat ketika mobil yang kemu kendarai ingin mendahului truk, bisa dengan lampu dim atau membunyikan klakson. Karena dengan cara itu, kamu memberikan sinyal kepada sang pengemudi truk untuk menyadari keberadaan mobilmu.

Baca Juga: Cara Berkendara di Jalan Berkabut, Jangan Main Injak Gas

Berikan ruang yang cukup

Pastikan ada ruang yang cukup dan jaga jarak aman antara truk dan mobil yang sedang kamu kendarai ketika ingin menyalip. Jangan paksakan diri untuk masuk ke dalam celah jika jaraknya terlalu dekat. Hal ini berkaitan dengan blind spot yang dimiliki truk dan akan membahayakan kendaraan lainnya.

Hindari berhenti di samping truk

Kamu perlu menghindari berhenti di samping truk, karena ban truk kontainer itu bisa meletus kapan saja dan tentu saja letusannya bisa melontarkan manusia hingga beberapa meter. Minimal menghancurkan apapun yang berada tepat di samping ban besarnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini