Keluar dari Google, Geoffrey Hinton Takut dengan Teknologi AI yang Dibangun

Yusuf Tirtayasa
Kamis 04 Mei 2023, 20:13 WIB
Geoffrey Hinton (Sumber : Masahiro Sugimoto / The Yomiuri Shimbun via AFP)

Geoffrey Hinton (Sumber : Masahiro Sugimoto / The Yomiuri Shimbun via AFP)

LABVIRAL.COM - Geoffrey Hinton, seseorang yang mengembangkan beberapa teknik paling penting di jantung kecerdasan buatan (AI) modern, mengumumkan pengunduran diri setelah satu dekade bekerja untuk Google pada Selasa (2/5/2023).

Dirinya mengungkap adanya "ketakutan" pada masalah baru tentang AI. Hinton yang terkejut dengan kemampuan model bahasa baru yang besar seperti GPT-4, ingin meningkatkan kesadaran publik akan risiko serius yang kini dia yakini dapat menyertai teknologi yang dia hadirkan.

Ilmuwan komputer berusia 75 tahun, yang merupakan penerima Turing Award 2018 untuk karyanya dalam deep learning, mengaku sudah terlalu tua untuk melakukan pekerjaan teknis yang membutuhkan banyak detail.

Tapi itu bukan satu-satunya alasan dia meninggalkan Google. Baginya, sangat nyata bahwa AI akan berubah menjadi bencana.

Meninggalkan Google rupanya membuatnya berbicara tanpa sensor diri yang harus dilakukan oleh eksekutif Google. "Saya ingin berbicara tentang masalah keamanan AI tanpa harus khawatir tentang bagaimana interaksi dengan bisnis Google," katanya dilansir MIT Technology Review.

"Selama saya dibayar oleh Google, saya tidak bisa melakukan itu," tambahnya.

Baca Juga: Google Akan Tambahkan AI Generatif ke Mesin Pencari

Hinton mengatakan bahwa generasi baru model bahasa besar, terutama GPT-4, yang dirilis OpenAI pada bulan Maret telah membuatnya sadar bahwa mesin berada di jalur yang tepat untuk menjadi jauh lebih pintar daripada yang dia kira. 

Dirinya takut tentang bagaimana hal itu bisa terjadi. “Hal-hal ini sama sekali berbeda dari kita. Terkadang saya berpikir seolah-olah alien telah mendarat dan orang-orang tidak menyadarinya karena mereka berbicara bahasa Inggris dengan sangat baik," ketusnya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini