Rem Cakram Mobil Cepat Panas, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tim Redaksi Labviral
Jumat 05 Mei 2023, 02:16 WIB
Rem Cakram Mobil Cepat Panas, Penyebab dan Cara Mengatasinya (FOTO: Suzuki.co.id)

Rem Cakram Mobil Cepat Panas, Penyebab dan Cara Mengatasinya (FOTO: Suzuki.co.id)

LABVIRAL.COM - Proses dari rem cakram yang memanas diakibatkan pedal rem yang terus diinjak. Pedal rem yang diinjak akan menekan kampas ke disc brake, sehingga putaran roda mobil berkurang.

Jika terus menginjak pedal rem, gesekan antara kampas rem dan cakram rem akan semakin kuat. Untuk mengatasinya, kamu perlu melakukan beberapa poin yang dirangkum dari Auto2000 di bawah ini.

Baca Juga: Inilah Keunggulan dan Kekurangan Rem Cakram pada Motormu

1. Mengurangi Kecepatan

Jika dirasa rem mobil sudah bekerja dengan cukup keras untuk menghentikan laju kendaraan, pastikan untuk mengurangi laju kendaraan agar cakram rem dapat kembali pada suhu normalnya.

Laju kendaraan yang sudah menurun juga akan memberikan ruang bagi cakram rem untuk mendapatkan angin dari luar. Oleh karena itu mengurangi laju kendaraan yang berkurang dapat mengurangi suhu panas yang ada di cakram rem.

Baca Juga: Motormu Pakai Rem Cakram? Ketahui Cara Kerjanya

2. Diamkan Tertiup Angin

Sebelum membuat kendaraan berhenti, pastikan sudah membuat laju kendaraan berada pada laju yang lambat. Jika diberhentikan atau direm mendadak, maka cakram rem akan semakin panas. 

Di samping itu ada sejumlah hal yang bisa pengemudi lakukan jika rem cakram mengalami kepanasan. Berikut adalah tiga tips yang disarankan oleh Pronanda Sultan:

  • Hentikan kendaraan beberapa saat sampai suhu rem turun.
  • Pengemudi bisa memanfaatkan engine brake ketika posisi gigi rendah saat jalanan menurun. Dengan demikian dapat mengurangi beban atau kerja dari rem.
  • Gunakan kanvas rem yang asli dari pabrikan karena jenis kanvas yang orisinil memiliki koefisien gesek yang terbaik.

Baca Juga: Tips Merawat Rem Cakram Sepeda Motor Agar Awet

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini