Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Mengisi Meski Sudah Dicas

Yusuf Tirtayasa
Sabtu 06 Mei 2023, 19:01 WIB
Ilustrasi seseorang sedang mengoperasikan laptop. (Sumber : freepik.com)

Ilustrasi seseorang sedang mengoperasikan laptop. (Sumber : freepik.com)

LABVIRAL.COM - Laptop tidak mengisi daya meskipun kabel charger sudah dipasang kerap menjadi masalah yang sering dijumpai. Masalah ini dapat sangat mengganggu, apalgi saat kita sedang membuthkan laptop untuk menyelesaikan berbagai tugas kerja maupun sekolah.

Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, laptop juga bisa mengalami masalah kelistrikan. Masalah ketika laptop tidak bisa dicharge umumnya disebabkan oleh masalah pada baterai atau kabel charger.

Pertama kali yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa kabel pengisi daya sudah terhubung dengan benar ke colokan listrik rumah dan port pengisian di laptop. Meski sepele, masalah ini sering kali membuat panik.

Kedua, pastikan kabel charger dalam kondisi baik, tidak ada yang rusak baik itu tertekuk, terkelupas, maupun putus. Gunakan adaptor daya yang sesuai dengan spesifikasi laptop.

Misalnya, bukan berarti karena port daya laptop bertipe USB-C lantas bisa memakai sembarang adaptor charger dengan USB-C. Pengisi daya berdaya rendah mungkin dapat menjaga baterai agar tidak cepat habis saat digunakan, tetapi pengisian daya akan sangat lambat, atau bahkan tidak sama sekali saat laptop mati.

Baca Juga: Laptop Sering Alami Blackscreen? Antisipasi dengan Cara Ini Tak Perlu Ke Tukang Servis

Jika masalahnya bukan koneksi yang buruk, port atau adaptor daya yang salah, ada kemungkinan ada masalah dengan baterai laptop atau adaptor daya yang rusak. Cara mudah untuk memeriksanya:

Jika laptop memiliki baterai yang dapat dilepas, keluarkan baterai tersebut. Lalu bersihkan kontaknya. Setelah itu, pasang bateraimu kembali dan coba mengisi dayanya lagi.

Gunakan charger lain bila pengisian belum terhubung, bisa jadi adaptor charger bermasalah. Cobalah menggunakan charger yang berbeda untuk memastikan bahwa masalah tersebut bukan disebabkan oleh chargermu.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini