Ini Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Oil Cooler yang Jarang Diketahui

Tim Redaksi Labviral
Kamis 11 Mei 2023, 01:10 WIB
Ini Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Oil Cooler yang Jarang Diketahui (FOTO: Instagram.com/bad_fuse)

Ini Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Oil Cooler yang Jarang Diketahui (FOTO: Instagram.com/bad_fuse)

LABVIRAL.COM - Produsen mesin melakukan banyak cara untuk menciptakan mesin yang lebih efien dan tahan lama untuk digunakan dalam kendaraan. Salah satu contohnya adalah menambahkan komponen oil cooler ke mesin.

Oil cooler merupakan salah satu komponen atau onderdil mesin yang mempunyai fungsi untuk mendinginkan oli yang panas karena oli tersebut bersirkulasi di dalam sistem lubrikasi atau pelumasan, untuk melumasi benda kerja yang berputar atau bergerak.

Fungsi dari oil cooler ini adalah mendinginkan temperatur oli mesin dengan cara melepaskan panas ke udara bebas atau pendingin. Setelah suhu temperatur oli turun, oli langsung dialirkan kembali ke mesin.

Dengan begitu, oil cooler dapat menjaga fungsi oli mesin secara optimal. Kondisi tersebut akan meningkatkan umur oli dan menurunkan laju keausan pada komponen mesin sehingga mesin lebih awet dan tidak cepat aus.

Baca Juga: Oli Mesin Mobil Cepat Habis, Ada 4 Cara Mudah Mengatasinya

Jenis Pendinginan pada Oil Cooler

Pendinginan air

Oil cooler berpendingin air ini merupakan oil cooler yang proses pendinginan olinya menggunakan cairan pendingin engine sebagai media pelepas panas. Komponen oil cooler ini umumnya ditempatkan di dalam tabung pendingin engine, sehingga oil cooler terendam dan ditutup oleh cairan pendingin engine. Berikut adalah contoh oil cooler mesin dengan tipe water cooling.

Baca Juga: Oli Mesin Cepat Habis, Ada 4 Penyebabnya Loh!

Pendinginan udara

Oil cooler berpendingin udara ini merupakan oil cooler yang proses pendinginan olinya menggunakan udara bebas sebagai media pelepas panas. Komponen oil cooler berbentuk seperti radiator, memiliki sirip udara, dan inti tempat oli mengalir dan mengalami proses pendinginan. Berikut adalah contoh oil cooler mesin dengan tipe pendingin udara.

Baca Juga: Ini Gejala Filter Oli Mesin Mobilmu Minta Diganti, Termasuk Sering Overheat

Cara kerja oil cooler

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini