Oli Mesin Cepat Habis, Ada 4 Penyebabnya Loh!

Tim Redaksi Labviral
Rabu 03 Mei 2023, 23:17 WIB
Oli Mesin Cepat Habis, Ada 4 Penyebabnya Loh! (FOTO: Instagram.com/bm1oil_jakarta)

Oli Mesin Cepat Habis, Ada 4 Penyebabnya Loh! (FOTO: Instagram.com/bm1oil_jakarta)

LABVIRAL.COM - Baru ganti oli tapi oli mesin mobilmu sudah habis lagi? Tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan, ya. Oli mesin merupakan salah satu komponen penting yang harus ada pada mobil, pasalnya minyak pelumas berbentuk cairan kental ini berfungsi untuk merawat seluruh komponen yang ada pada mesin dan juga dapat menambah usia pakai mesin mobilmu.

Maka dari itu, jika oli mesin mobilmu cepat habis, berarti ada sesuatu yang janggal pada mesin mobilmu. Untuk mengetahui masalah tersebut, berikut ini Labviral.com memberitahukan penyebab oli mesin cepat habis seperti yang dilansir dari situs resmi Suzuki.

Baca Juga: Ini Gejala Filter Oli Mesin Mobilmu Minta Diganti, Termasuk Sering Overheat

Seal mesin bocor

Masalah pertama yang dapat membuat oli sangat cepat berkurang ialah karena adanya kebocoran pada seal mesin. Hal ini dapat kamu ketahui dengan cara mengecek seal pada bagian sambungan mesin; apabila terdapat rembesan oli pada tempat tersebut, berarti seal mengalami kerusakan.

Baca Juga: Ganti Oli Mesin Motor Secara Berkala, Biar Gak Ada Endapan yang Merusak Mesin

Ring piston rusak

Masalah kedua yakni karena adanya kerusakan pada ring piston atau yang biasa disebut dengan seher. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan adanya asap putih yang keluar dari knalpot mobilmu.

Warna dari asap putih yang keluar dari knalpot ini juga dapat digunakan untuk mengetahui tingkat kerusakan seher. Jika warnanya semakin pekat, maka tingkat kerusakan sudah semakin parah.

Baca Juga: Filter Oli Mesin Mobil Harus Diganti , Cek Tanda-tandanya

Ring seher rusak

Ring seher merupakan salah satu komponen yang dapat menahan oli, agar oli mesin tidak masuk kedalam ruang pembakaran pada saat proses pembakaran terjadi. Jika ring seher rusak, maka penahan oli pada ruang pembakaran sudah tidak berfungsi lagi dengan baik.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait
Tech

Oli Transmisi dan Oli Mesin, Mari Kenalan

Minggu 26 Maret 2023, 15:06 WIB
Oli Transmisi dan Oli Mesin, Mari Kenalan
Berita Terkini