Ganti Oli Mesin Motor Secara Berkala, Biar Gak Ada Endapan yang Merusak Mesin

Andi Syafriadi
Kamis 30 Maret 2023, 16:30 WIB
Salah satu komponen terpenting pada kendaraan bermotor ialah oli. Berfungsi sebagai pelumas kendaraan yang berfungsi untuk membuat mesin tetap dingin

Salah satu komponen terpenting pada kendaraan bermotor ialah oli. Berfungsi sebagai pelumas kendaraan yang berfungsi untuk membuat mesin tetap dingin

LABVIRAL.COM- Pada sepeda motor, oli mesin yang encer bisa berubah menajdi endapan pekat bagaikan lumpur yang tersemayam di dalam mesin.

Jika dibiarkan begitu saja, endapan oli mesin bisa merusak komponen-komponen di dalam mesin. Lalu, apasih yang menyebabkan oli mesin bisa mengendap?

Baca Juga: Tips Melewati Jalan Rusak dan Berlubang Bagi Pengendara Motor

Jadi, oli mesin dengan kualitas seperti apapun pasti bisa terjadi proses pengendapan jika pemakainnya melebihi batasan yang dianjurkan oleh pabrikan.

Kualitas oli mesin sebenarnya hanya berpengaruh pada mesin ketika oli masih dalam keadaan prima dan setiap oli memiliki batas pemakaiannya.

Baca Juga: Begini Tampilan Motor Listrik Ducati, Top Speed Tembus 275 km/jam

Kemudian, untuk mencegah terjadinya proses pengendapan oli di dalam mesin, kamu harus melakukan penggantian oli secara berkala sesuai dengan anjuran yang diberikan dari setiap merk oli.

Contohnya oli dengan kandungan base oil seperti mineral, semi atau full sintetik serta SAE atau tingkat kekentalan oli yang digunakan harus sesuai dengan anjuran dari pabrikan.

Tak hanya itu, ketika membeli oli kamu juga harus memperhentika  kode JASO oli mesin yang digunakan, untuk motor kopling basah oli motor berkode MA dan untuk kopling kering oli atau motor matic olinya berkode MB.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini