Ban Mobil Kurang Angin Bisa Bawa 5 Masalah Besar, Jangan Sampai Terjadi di Mobilmu Ya!

Tim Redaksi Labviral
Jumat 12 Mei 2023, 01:06 WIB
Ban Mobil Kurang Angin Bisa Bawa 5 Masalah Besar, Jangan Sampai Terjadi di Mobilmu Ya! (FOTO: Shutterstock)

Ban Mobil Kurang Angin Bisa Bawa 5 Masalah Besar, Jangan Sampai Terjadi di Mobilmu Ya! (FOTO: Shutterstock)

LABVIRAL.COM - Ban adalah salah satu bagian terpenting dalam kendaraan baik motor ataupun mobil. Selain sarana agar kendaraan bisal melaju dengan sempurna, ban juga bisa menentukan keselamatan dalam berkendara.

Untuk itu, perhatikan selalu tekanan angin pada kendaraan. Hal tersebut setidaknya untuk menghindari risiko-risiko buruk yang mungkin saja bisa terjadi saat tekanan angin pada ban mobil berkurang.

Apa saja efek buruk kurangnya tekanan angin pada ban mobil? Berikut uraiannya yang dilansir dari Daihatsu Indonesia.

Baca Juga: Pecah Ban Mobil Saat Melaju, Harus Gimana?

1. Mengurangi kenyamanan berkendara

Salah satu efek buruk yang paling terasa saat tekanan angin pada ban mobil berkurang adalah ketidaknyamanan saat berkendara. Hal ini bisa langsung terasa karena pada kondisi tersebut membuat ban tidak rata.

Tentunya, kenyamanan saat berkendara menjadi prioritas utama. Hal ini juga sudah pasti akan membuat kamu aman saat berada di perjalanan. Baik untuk perjalanan jauh maupun dekat.

Baca Juga: Cara Paling Tepat Bersihkan Ban Mobil, Gak Main Gosok Aja Ya!

2. Mempercepat keausan ban

Pada saat tekanan angin ban mobil berkurang, kondisi yang akan terjadi adalah bagian tengah ban mobil menjadi lebih melengkung ke dalam. Hal ini memengaruhi gesekan yang lebih besar pada bagian luar ban.

Ketidakmerataan ban mobil itulah yang membuat keausan ban cepat terjadi. Tentunya kamu tak ingin hal tersebut terjadi, kan? Maka dari itu, selalu cek kondisi ban mobil dan jangan sampai mengurangi tekanan angin.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini