Sering Kena E-mail Spam? Tenang Ini 3 Tips Ampuh untuk Mengatasinya

Yowan R
Jumat 12 Mei 2023, 13:33 WIB
Ilustrasi spam e-mail (Sumber : consumentenbond.nl)

Ilustrasi spam e-mail (Sumber : consumentenbond.nl)

LABVIRAL.COM - Email spam adalah pesan yang masuk dengan bertubi-tubi ke e-mail secara tidak diundang Biasanya, e-mail spam ini berasal dari media promosi, iklan hingga e-mail rilis yang tidak diinginkan. Jadi, bisa dipastikan penerima e-mail spam ini tidak akan tahu siapa pengirimnya.

Jika akun e-mail terkena spam tentu saja akan mengganggu, sebab e-mail spam ini bisa saja datang bersamaan dengan e-mail penting lainnya, sehingga e-mail penting tersebut menjadi sudah ditemukan karena tertutup e-mail spam.

Untuk itu, bagi kalian yang menjadi salah satu korban e-mail spam, tentunya harus tahu bagaimana cara mengatasi e-mail spam yang masuk di akun Gmail kalian.

Baca Juga: Kenali Bahaya Pesan Spam di Medsos, Bisa Curi Uang Kripto Kamu

Berikut tiga cara ampuh untuk menangani e-mail spam yang masuk.

1. Melaporkan e-mail sebagai spam dan unsubscribe

Terkadang saat melakukan browsing, kamu bisa saja secara tidak sengaja berlangganan newsletter dari situs-situs tertentu. Nah, dari situs tersebutlah akan banyak e-mail promosi dan newsletter yang masuk secara terus-menerus, padahal e-mail tersebut tidak diinginkan.

Jika kamu mengalami hal tersebut, cara untuk menanganinya adalah dengan melakukan unsubscribe atau berhenti mengikuti dan melaporkan pesan tersebut sebagai spam. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Masuk ke Gmail dan pilih e-mail yang akan di unsubscribe
  • Pilih menu “Unsubscribe”
  • Nantinya kamu akan diarahkan ke halaman pembatalan berlangganan di situs tertentu

Setelah melakukan unsubscribe langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melaporkan e-mail tadi sebagai spam dengan cara berikut ini:

  • Buka e-mail yang ingin dilaporkan sebagai spam
  • Klik ikon tanda seru di atas e-mail
  • Pilih “Report Spam

2. Membuat filter spam dan otomatis menghapusnya

Membuat filter spam dan otomatis menghapusnya tentu saja sangat berguna bagi kamu yang mendapatkan e-mail spam, dengan cara ini kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk menghapus e-mail spam satu-persatu. Untuk melakukan cara ini kamu bisa ikuti langkah berikut:

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini