Mengenal QRIS dan Cara Menggunakannya

Dian Eko Prasetio
Sabtu 18 Maret 2023, 10:26 WIB
Ilustrasi Quick Response Code Indonesian Standard. atau yang lebih dikenal dengan nama QRIS (Sumber : Instagram/@qrs_ntb)

Ilustrasi Quick Response Code Indonesian Standard. atau yang lebih dikenal dengan nama QRIS (Sumber : Instagram/@qrs_ntb)

LABVIRAL.COM - Seperti yang kita ketahui, saat ini perkembangan teknologi semakin masif dan berkembang pesat, terutama di bidang finansial.

Dahulu kita membayar barang atau jasa menggunakan sistem konvensional (tatap muka), sekarang hanya tinggal satu klik sudah bisa membayar apa pun, di mana pun.

Salah satunya adalah sistem Quick Response Code Indonesia Standard atau biasa yang kita kenal QRIS.

QRIS merupakan penggabungan berbagai macam QR dari berbagai penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran.

Baca Juga: Mari Lihat Hebatnya Teknologi BlueLink, Fitur Keamanan dan Keselamatan Hyundai Creta

Menariknya, QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia. QRIS diciptakan sebagai upaya transaksi yang lebih mudah, aman dan juga cepat. Tren pembayaran ini muncul pada 2020.

Kala itu tengah terjadi pandemi Covid-19, di mana masyarakat dianjurkan tidak bepergian untuk menghindari penularan virus. Alhasil, setiap transaksi yang dilakukan masyarakat dengan cara daring.

Hingga kini tren pembayaran menggunakan digital transaksi semakin meningkat di seluruh aplikasi pembayaran dari penyelenggara mana pun, baik bank dan non-bank.

Masyarakat dapat menggunakan sistem pembayaran ini di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, berlogo QRIS, meskipun penyedia QRIS di merchant berbeda dengan penyedia aplikasi yang digunakan masyarakat.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini