Sebelum Putus di Jalan, Kenali Ciri-ciri V-Belt Motor Matic yang Hampir Putus!

Yowan R
Sabtu 18 Maret 2023, 09:20 WIB
Ilustrasi V-Belt motor yang sudah hampir putus (Sumber : suzuki.co.id)

Ilustrasi V-Belt motor yang sudah hampir putus (Sumber : suzuki.co.id)

LABVIRAL.COM - Pada sepeda motor dengan transmisi automatic, tentunya V-Belt menjadi salah satu komponen yang sangat penting didalam sistem transmisi.

V-Belt sendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan rantai pada sepeda motor transmisi manual, yakni sama-sama bertugas untuk meneruskan daya putar yang dihasilkan mesin untuk menggerakan roda belakang.

Umumnya, V-belt pada sepeda motor matic ini terbuat dari karet yang tentunya memiliki usia pakai dan bisa putus sewaktu-waktu tergantung dari tingkat pemakaiannya.

Baca Juga: Bagus Nggak Sih Pasang Per CVT yang Lebih Panjang untuk Motor Matic Harian?

Namun usia pakai v-belt juga ditentukan oleh bahan pembuatan v-belt serta cara pemakaian motor sehari-hari.

Saat V-belt hampir putus biasanya akan ditandai dengan berbagai macam hal yang berpengaruh pada performa motor. Contohnya, akselerasi motor akan menjadi lebih berat dari biasanya saat komponen ini hampir putus.

Sebelum V-belt putus, biasanya akan mulur terlebih dahulu. Nah karena V-belt yang mulur ini, putaran dari pulley depan tidak akan bisa tersalurkan dengan baik menuju pulley belakang sehingga tenaga atau tarika  motor menjadi lebih berat.

Baca Juga: Agar Tetap Aman dan Nyaman, Begini Tips Modifikasi Motor Matic yang Benar

Selain itu, V-belt yang hampir putus juga bisa menimbulkan ciri-ciri lainnya seperti timbul suara-suara aneh pada bagian CVT motor matic.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini