Mau Gadai Barang di Pegadaian? Ikuti Langkah-langkah Berikut ini

Dian Eko Prasetio
Senin 20 Maret 2023, 18:15 WIB
Ilustrasi: langkah langkah yang harus kamu lakukan jika ingin menggadaikan barang di pegadaian (Sumber : Instagram: sahabatpegadaian)

Ilustrasi: langkah langkah yang harus kamu lakukan jika ingin menggadaikan barang di pegadaian (Sumber : Instagram: sahabatpegadaian)

LABVIRAL.COM - Pegadaian merupakan salah satu perusahaan yang berguna untuk siapa saja yang ingin meminjam uang atau dana dengan cepat, dengan cara menaruh barang gadaian atau jaminan di pegadaian.

Adapun jenis barang yang bisa digadaikan di pegadaian yaitu, Emas, sertifikat, kendaraan, peralatan pertanian dan juga perikanan sampai dengan peralatan elektronik.

Tapi, tahukah kamu bagaimana cara menggadaikan barang di pegadaian?

Berikut Labviral.com, siapkan langkah-langkah untuk melakukan proses pegadaian di pegadaian. Yuk disimak!

  • Langkah pertama tentu kau harus mengunjungi outlet pegadaian terdekat di wilayah kamu, tetapi pastikan sebelum kamu berangkat ke pegadaian kamu sudah menyiapkan barang yang ingin kamu gadaikan beserta identitas diri yaitu KTP.
  • Saat kamu sudah tiba di outlet pegadaian, kamu bisa mengisi formulir pengajuan dengan data diri lengkap sesuai dengan KTP.
  • Kemudian serahkan barang yang ingin kamu gadaikan, kepada petugas terkait di pegadaian.

Baca Juga: Lirik Lagu Kehilangan Cocok Untuk Kamu Yang Sedang Dilanda Galau Perkara Kehilangan Pujaan Hati

  • Pada proses tersebut, petugas akan memeriksa untuk memastikan seberapa besar dana yang bisa kamu terima dari barang yang kamu gadaikan.
  • Jika sudah, maka petugas akan memberitahu kamu berapa nominal angka yang bisa kamu terima. Dan membuat perjanjian dengan kamu terkait proses pembayaran.
  • Setelah itu, kamu akan diberikan surat bukti gadai (SBG) dan kamu bisa menerima uang dari hasil barang yang kamu gadaikan. Kamu bisa menerimanya secara langsung atau ditransfer ke rekening kamu.

Nah, simpel dan mudah bukan? Perlu kamu ingat sebaiknya jika kamu ingin menggadaikan barang ke pegadaian pastikan kamu menggunakan dana tersebut dengan bermanfaat. 

Atau membuka usaha, karena kamu akan diminta untuk segera membalikan dana sesuai dengan waktu yang telah disepakati. Jika kamu tidak bisa membayar sesuai dengan kesepakatan maka, kamu harus siap kehilangan barang yang kamu jadikan jaminan. Semoga bermanfaat ya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait
News

Cara Terbaru Gadai Emas di Pegadaian

Kamis 16 Maret 2023, 13:07 WIB
Cara Terbaru Gadai Emas di Pegadaian
Berita Terkini