Mau Pensiun di Bawah Usia 40 Tahun? Ikuti Strategi Berikut

Dian Eko Prasetio
Rabu 22 Maret 2023, 00:52 WIB
Ilustrasi pensiun dini (Sumber : Pixabay)

Ilustrasi pensiun dini (Sumber : Pixabay)

LABVIRAL.COM - Sebagian besar orang mungkin berpikir bahwa mereka kan terus bekerja hingga memasuki masa pensiun. Namun, tidak sedikit pula yang memutuskan untuk pensiun dini. 

Bagi pegawai negeri, mungkin tak perlu risau saat memasuki masa pensiun karena masih menerima gaji pensiun setiap bulannya.

Tapi, lain halnya dengan pegawai swasta, mereka hanya akan menerima pesangon. Kalau begitu, bagaimana cara menikmati masa pensiun meskipun tidak mendapat gaji?

Inilah pentingnya memiliki perencanaan yang baik untuk menghadapi masa tua dengan menyusun strategi investasi.

Apa saja strategi pensiun dini yang perlu kamu perhatikan? dan berapa dana pensiun ideal yang harus dipersiapkan? Cari tahu, yuk!

Baca Juga: Jangan Asal Palak! Begini Etika yang Baik Meminjam Uang ke Bestie

1. Memasang Target

Di Indonesia, usia 55 tahun dianggap usia ideal untuk pensiun. Namun, jika kamu merasa terlalu lama, kamu bisa memutuskan untuk pensiun dini, lho

Jika saat ini kamu berusia 30 tahun dan sangat ingin untuk pensiun dini di usia 40 tahun, ada waktu selama 10 tahun dalam mempersiapkannya.

Cobalah untuk membuat target dan mengumpulkan dana yang akan digunakan untuk pensiun dini tersebut. Jangan sampai kamu memutuskan pensiun dini tanpa persiapan dana pensiun.

2. Menghitung Biaya Hidup 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini