15 Manfaat Kecipir, Mulai untuk Mengatasi Sembelit Hingga Baik untuk Ibu Hamil

Chodijah Febriyani
Jumat 30 Juni 2023, 23:42 WIB
15 Manfaat Kecipir, Mulai untuk Mengatasi Sembelit Hingga Baik untuk Ibu Hamil (Sumber : Instagram/kebuncandi)

15 Manfaat Kecipir, Mulai untuk Mengatasi Sembelit Hingga Baik untuk Ibu Hamil (Sumber : Instagram/kebuncandi)

LABVIRAL.COM - Bernama latin Psophocarpus tetragonolobus, kecipir atau dikenal dengan nama kacang goga adalah jenis tanaman kacang-kacangan yang tumbuh di daerah tropis yang dapat ditemui hampir di seluruh bagian Indonesia.
 
Selain di Indonesia, kecipir juga dapat ditemui di beberapa negara lainnya seperti Filipina, Thailand, Sri Lanka dan juga India.
 
Sayuran ini mempunyai zat gizi yang banyak, seperti mengandung karbohidrat, protein, kalsium, vitamin dan bahkan lemak dalam jumlah yang kecil. 

Kecipir15 Manfaat Kecipir, Mulai untuk Mengatasi Sembelit Hingga Baik untuk Ibu Hamil

Masuk dalam jenis tanaman kacang-kacangan, seluruh bagian kecipir bisa dikonsumsi sehari-hari, mulai dari biji, daun hingga umbinya. Diolahnya pun juga mudah, bisa dimakan mentah, direbus ataupun dibuat tumis kecipir.

Kandungan kecipir 

Sebelum mengetahui manfaat kecipir lebih lanjut, berikut ini kandungan nutrisi dari kecipir. Apabila kamu mengonsumsi 100 gram kecipir, maka kamu akan mendapatkan kandungan gizi sebagai berikut :
 
  • Energi: 32 kkal
  • Protein: 2,9 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Karbohidrat: 5,8 gram
  • Serat: 5,5 gram
  • Beta-karoten: 261 mikrogram
  • Karoten total (vitamin A): 595 mikrogram
  • Vitamin B1: 0,24 miligram
  • Vitamin B2: 0,11 miligram
  • Vitamin B3: 0,7 miligram
  • Vitamin C: 19 miligram
  • Kalsium: 63 miligram
  • Fosfor: 37 miligram
  • Besi: 0,3 miligram
  • Kalium: 104 miligram
  • Zinc: 0,4 miligram
  • Mangan: 0,22 miligram
  • Tembaga: 5,24 miligram

Berikut manfaat kecipir untuk kesehatan 

1. Menghambat penuaan dini

Ilustrasi Kerusakan KulitIlustrasi Kerusakan Kulit

Penuaan dini pasti muncul secara alami pada semua orang. Proses penuaan dini bisa dipercepat ketika seseorang sering terkena radikal bebas, kebiasaan merokok, paparan sinar matahari, pola makan yang buruk, kebiasaan mengonsumsi alkohol dan kafein hingga mengalami stres.
 
Maka, untuk membantu menghambat penuaan dini, sesorang bisa mengonsumsi kecipir sehari-hari. 
 
Sebab, kecipir mengandung mineral tembaga yang merupakan antioksidan yang kuat, serta enzim superoxide dismutase (SOD) dan juga mineral yang berkhasiat membantu melindungi sel-sel tubuh yang dapat mencegah penuaan dini.

2. Mencegah diabates

Ilustrasi-DiabetesIlustrasi-Diabetes

Adapun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan vitamin D dan kalsium dalam kecipir dapat mencegah timbulnya diabates. 
 
Kedua kandungan nutrisi tersebut langsung berdampak pada sel pankreas yang mengatur sekresi insulin dan kadar gula darah.

3. Membantu mengatasi asma

Ilustrasi seseorang menderita asma.Ilustrasi seseorang menderita asma.

Bagi penderita asma, mengonsumsi kecipir sangatlah baik. Sebab, kandungan magnesium pada kecipir yang tinggi dapat membantu menormalkan pernapasan dan mengatur pernapasan dengan mengendurkan otot-otot bronkial.
 
Sehingga pada penderita asma kronis, manfaat kecipir ini dapat mengurangi sesak napas.

4. Membantu menurunkan berat badan

Mengandung kalori yang rendah dan serat tinggi, kecipir dipercaya dapat membantu mengurangi berat badan secara sehat.
 

Ilustrasi menurunkan berat badanIlustrasi menurunkan berat badan

Selain itu, mengonsumsi kecipir juga membuat kamu merasa kenyang. Sehingga, dapat mengurangi makan berlebih yang dapat menyebabkan berat badan naik.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sayuran ini juga kaya akan vitamin C dan A yang bermanfaat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh seseorang yang dapat mencegahnya terserang infeksi dan penyakit.
 
Peran vitamin C dalam kecipir berperan sebagai pelindung, penangkal penyakit dan menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Mengandung kalsium yang tinggi, kecipir sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi kecipir, dapat mengurangi risiko osteoporosis di kemudian hari. 
 
Selain itu, kandungan kalsium pada kecipir juga bermanfaat untuk kesehatan gigi dan kuku.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Mengandung serat yang tinggi, kecipir ini juga dapat mengatur pencernaan dengan baik. Jadi, dengan mengonsumsi kecipir dapat membantu mencegah sembelit serta mengurangi kembung.

8. Baik dikonsumsi untuk ibu hamil

Tanda awal hamil (metropolisindia.com)Tanda awal hamil (metropolisindia.com)

 
Lebih lanjut, manfaat kecipir lainnya adalah kandungan asam folat alami yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Mengonsumi kecipir dengan porsi yang pas dapat bemanfaat baik selama kehamilan.
 
Dengan kandungan folat dan sumber zat besi yang tinggi dalam kecipir, mengonsumsi kecipir dapat mengurangi risiko anemia pada ibu dan mencegah bayi lahir dengan berat badan yang rendah. 

9. Mencegah asam urat

Mengandung serat dan antioksidan yang tinggi, mengonsumsi kecipir dapat mengatasi masalah kolesterol tinggi. Tidak hanya itu, kecipir juga dapat mengandung purin yang rendah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita asam urat. 

Ilustrasi- Nyeri Otot - Asam UratIlustrasi- Nyeri Otot - Asam Urat

Walau belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kecipir untuk asam urat, kandungan pada kecipir membuat metabolisme tubuh lebih baik. 
 
Selain itu, kandungan lainnya seperti kalsium dan vitamin D dalam kecipir bisa mengoptimalkan metabolisme glukosa dalam tubuh.

10. Meningkatkan kesehatan mata

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kandungan tiamin dalam kecipir dapat mencegah terjadinya masalah kesehatan mata. Jadi, jika kamu mengonsumsi kecipir secara teratur dapat membantu mencegah timbulnya masalah kesehatan mata, seperti katarak dan glaukoma. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini