Manfaat Sarang Burung Walet, Dari Kesehatan Sampai Kecantikan

Aci
Minggu 04 Juni 2023, 12:12 WIB
Manfaat sarang burung walet (Sumber : Istockphoto.com)

Manfaat sarang burung walet (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Burung walet merupakan salah satu burung yang banyak diminati masyarakat, namun perlu diketahui burung walet dipelihara bukan untuk karena keindahan fisiknya maupun suaranya melainkan karena sarangnya.

Sarang burung walet dapat dikonsumsi dan terkenal dengan beragam manfaatnya, mulai dari kecantikan sampai dengan kesehatan. Oleh sebab itu burung walet dijadikan ternak sebagai ladang usaha.

Baca Juga: Keunikan Burung Unta, Sayapnya Tidak Untuk Terbang

Berbicara sarang burung walet, perlu sobat viral ketahui kandungan dan ragam manfaatnya. Berikut ini Labviral.com jelaskan manfaat sarang burung walet. Yuk disimak!

Meningkatkan Imun Tubuh

Imun tubuh yang kuat mampu mendeteksi dan menghancurkan zat asing yang masuk ke tubuh, seperti bakteri atau virus. Hasilnya, tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat sarang walet untuk kulit berasal dari kandungan epidermal growth factor (EGF). Kandungan ini berperan dalam meningkatkan produksi kolagen. Hasilnya, kulit tampak lebih elastis, kencang dan terhidrasi dengan baik.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Bayam Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut yang Perlu Kamu Ketahui

Sumber Mineral

Sarang walet mengandung kalsium, mangan, tembaga dan zinc yang termasuk mineral penting dalam tubuh. Manfaatnya mulai dari menjaga kesehatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga daya tahan tubuh.

Sumber Antioksidan

Antioksidan berperan penting dalam mencegah dan memerangi efek radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas menjadi salah satu penyebab penyakit kronis, termasuk kanker, diabetes, hipertensi dan sakit jantung.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sarang walet dapat mencegah pengentalan darah yang menyebabkan penyakit jantung. Kandungan didalamnya memiliki efek yang mirip dengan obat penurun kolesterol, seperti simvastatin.

Sarang walet bekerja dengan cara menghambat kerja enzim yang diperlukan guna membentuk kolesterol. Dengan begitu, jumlah kolesterol yang diproduksi tubuh bisa berkurang dan tetap berada dalam kisaran normal.

Baca Juga: Mengulas Manfaat Mengonsumsi Kentang Bagi Kesehatan Tubuh, Tidak Hanya Sekedar Pengganti karbohidrat

Mengandung Tinggi Asam Amino

Asam amino terbagi menjadi dua, yaitu asam amino esensial dan asam amino non-esensial. Beberapa jenisnya, yakni asam aspartate, prolin, sistein, fenilalanin, tirosin dan glukosamin.

Mengkonsumsi sarang walet dapat memenuhi asupan asam amino yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan tersebut mampu meningkatkan massa otot, kekebalan tubuh hingga kesehatan organ jantung.

Mencegah Dampak dari Nikotin

Nikotin dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa berujung pada penyakit jantung dan stroke. Sarang walet bekerja dengan meningkatkan metabolisme tubuh dalam memecah lemak akibat nikotin.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Pepaya Untuk Kesehatan, Ternyata Bukan Hanya Untuk Menyehatkan Kulit

Mencegah Resistensi Insulin

Resistensi insulin jadi penyebab utama penyakit diabetes. Kondisi ini menyebabkan tubuh tidak mampu memetabolisme gula darah dengan baik. Akibatnya, terjadi penumpukan yang bisa berujung pada kematian.***

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Editor :
Berita Terkait Berita Terkini