3 Cara Memulai Bisnis Kos-kosan Tanpa Modal Ini Perlu Kamu Coba, Auto Cuan!

Aci
Sabtu 01 Juli 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi Hunian (Sumber : pu.go.id)

Ilustrasi Hunian (Sumber : pu.go.id)

LABVIRAL.COM - Bisnis kos-kosan memang menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati, mengingat saat ini banyak sekali orang yang pergi merantau dari kampung halaman mulai dari yang menuntut ilmu sampai dengan mencari nafkah. Hal tersebut membuat bisnis kos kosan menjadi peluang usaha baru, bagi para calon pengusaha. 

Berbicara bisnis, tentu saja dibenakmu tergambar modal sebagai salah satu syarat utama untuk memulai suatu bisnis. Terkadang hal tersebut pula yang membuat para calon pengusaha menguburkan niatnya untuk menjadi seorang pengusaha. 

Tapi, untuk kamu yang ingin menjadi pengusaha namun terkendala dengan modal. Kamu perlu tahu, bahwa dijaman yang serba canggih saat ini terdapat beberapa usaha yang bisa kamu jalankan walaupun kamu tidak memiliki modal.

Baca Juga: 5 Rumah Tangga Anak Band yang Goyah Diterpa Isu Perselingkuhan

Yap! Salah satunya bisnis kos kosan ini lho! 

Untuk kamu yang ingin menjadi pengusaha, tahukah kamu bahwa kamu tetap bisa bisnis kos kosan meskipun kamu belum mempunyai modal. Bagaimana caranya? Simak artikel Labviral.com berikut ini ya!

Bisnis kos kosan seringkali terkendala dengan modal, secara untuk sebuah hunian kamu harus menyiapkan uang yang cukup besar. Tapi sebenarnya tidak juga lho! Karena kamu bisa memulai bisnis kos kosan walaupun kamu belum memiliki modal.

Berikut ini 3 cara memulai bisnis kos kosan tanpa modal

1.Menjadi agen pemasaran kost

Cara yang pertama yang bisa kamu lakukan jika ingin berbisnis kos kosan meskipun belum memiliki modal, yaitu dengan menjadi agen pemasaran kos kosan.

Cara ini, sangat cocok untuk kamu yang masih muda dan ingin menjadi seorang pebisnis meskipun kamu masih  sekolah, kuliah, atau bekerja namun ingin mendapatkan pemasukan rutin sekaligus memulai bisnis kos-kosan. kamu bisa menawarkan diri kepada pemilik kos yang saat ini kamu singgahi untuk mencarikan penyewa kos.

Baca Juga: 6 Resep Bakso Sapi Rumahan, Empuk dan Kenyal Anti Gagal Cocok Untuk Makan Siang Keluarga

Selain itu, kamu juga bisa melakukan penawaran kepada kolega, teman, atau mahasiswa lainnya untuk menjadi penyewa dengan berbagai macam cara. Dari usaha tersebut, dengan hal tersebut tentu saja kamu bisa mendapatkan imbalan yang bervariasi tergantung kesepakatan dengan pemilik kos. Apabila kos yang kamu tawarkan saat itu sudah penuh, kamu juga bisa menjadi agen pemasaran dari beberapa tempat kos kosan lainnya juga, lho!

2. Menjadi pengelola kost

Selain menjadi agen pemasaran kos kosan, cara memulai bisnis kos kosan tanpa modal selanjutnya yaitu dengan menjadi pengelola kost. Kamu bisa menawarkan diri kamu kepada pemilik kos-kosan untuk menjadi pengelola kos yang ia miliki. 

Biasannya jasa seperti ini akan sangat dibutuhkan, jika pemilik kos kosan berada jauh dari kos kosan yang disewakan. Dari hal tersebut kamu bisa meminta gaji bulanan atau komisi dari harga sewa kos kepada pemilik kos.

Adapun tugas dari pengelola kos dan bertanggung jawab dengan kebersihan, keamanan, dan berbagai pengelolaan kos-kosan lainnya mungkin memberikan kesan sebagai pekerjaan yang tidak mudah. 

Baca Juga: Tio Pakusadewo Ungkap Bisnis Bilik Cinta di Penjara, Tarif dan Fasilitasnya Mengejutkan

Namun, kamu juga tidak harus mengerjakan semuanya sendiri. kamu bisa menggunakan jasa seperti asisten rumah tangga untuk kebersihan. Selain itu, kamu juga bisa membuka usaha lain seperti berjualan kebutuhan anak kos untuk menambah penghasilan.  Jangan lupa dicoba ya bestie!

3. Menyewakan kamar kosong yang ada di rumah

Adapun cara yang terakhir untuk memulai bisnis kos kosan tanpa modal yaitu dengan cara menyewakan kamar kosong yang ada di rumah kamu. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki rumah dengan kamar layak huni namun jarang ditempati. Misalnya, kamar yang hanya ditempati ketika ada keluarga dari luar kota yang menginap. Nah, kamu bisa menyewakan kamar ini dan mendapatkan pemasukan rutin.

Baca Juga: 6 Bisnis Ruben Onsu Ini Idenya Bisa Menjadi Inspirasi, Potensi Ladang Cuan Lho!

Cara satu ini seringkali dipandang sebelah mata karena terlihat kecil. Namun, jika Anda lakukan, usaha ini bisa memberikan masukan yang dapat kamu gunakan untuk membayar tagihan-tagihan seperti air, telepon, dan listrik. Bahkan, hasil yang kamu kumpulkan juga bisa untuk membiayai liburan.

Nah, itu dia cara yang bisa kamu pilih untuk menjadi pebisnis kos kosan tanpa modal. Perlu di ingat ya cara manapun yang kamu pilih pastikan lakukan dengan benar dan bersungguh sungguh. 

Jangan mudah menyerah karena untuk memulai bisnis tidaklah mudah butuh ketekunan pantang menyerah. Semangat semoga berhasil!

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini