Ukuran Terbaik Untuk Feed Instagram, Dari Postingan Foto Sampai Story

Aci
Jumat 28 Juli 2023, 19:16 WIB
Ilustrasi: Postingan Instagram (Sumber : Istockphoto.com)

Ilustrasi: Postingan Instagram (Sumber : Istockphoto.com)

LABVIRAL.COM - Instagram merupakan sosial media yang cukup hits di semua kalangan, siapa yang tidak bermain sosial media yang satu itu? Rasanya saat ini hampir semua umur memainkan sosial media tersebut.

Instagram menjadi salah satu wadah untuk siapa saja berekspresi melalui foto maupun video, bukan hanya sebagai ajang pamer saja lho! Bagi sebagian orang yang bijak menggunakannya Instagram menjadi tempat bisnis untuk mereka.

Untuk menarik minat dan membuat bisnis di Instagram, tentu saja kamu harus membuat tampilan atau Feed Instagram kamu sebaik buatlah tampilan Feed Instagram menjadi aesthetic.

Namun sebelum kamu perlu tahu ukuran setiap postingan di Instagram yang baik dan benar. Agar setiap unduhan menghasilkan unggahan yang bagus dan sesuai harapan.

Baca Juga: Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode Instagram di Android dan iPhone

Perlu sobat viral ketahui, bahwa terdapat berbagai jenis konten di Instagram, mulai dari post, story, hingga reels. Dan setiap postingan tersebut memiliki ukuran feed yang berbeda-beda.

Supaya kamu bisa membuat feed Instagram yang benar dan menarik, berikut ukuran terbaik untuk feed Instagram, mulai dari post, story, hingga reels.

Berikut ini Labviral.com jabarkan ukuran postingan yang ada di Instagram, berapa saja. Yuk disimak!

Ukuran feed Instagram Post

Ada tiga jenis aspect ratio untuk feed Instagram Post, yaitu square, horizontal (landscape), dan vertical (portrait). Berikut penjelasannya:

Untuk ukuran feed instagram jenis square post

Jika kamu memposting foto di feed dengan jenis square post untuk menghindari gambar dengan kualitas yang buruk atau pecah, sebaiknya kamu mengupload gambar dengan resolusi square 1080 x 1080 px, atau memiliki aspect ratio 1:1.

Konten dengan aspect ratio 1:1 dianggap sebagai ukuran yang optimal / proporsional untuk feed Instagram. Berikut adalah contoh postingan IG dengan dimensi square:

Baca Juga: Fakta-faka Judika Hapus Foto di Instagram, Settingan atau Trik Marketing Single Terbaru?

Untuk ukuran feed instagram  horizontal post

Kalau kamu ingin mengunggah foto dengan orientasi horizontal, maka aspect ratio yang disarankan adalah 16:9 dengan resolusi 1920 x 1080 px.

Menurut InVideo, postingan dengan dimensi horizontal kurang direkomendasikan. Hal ini karena aplikasi Instagram tidak bisa melakukan rotate pada smartphone. 

Untuk ukuran feed instagram  vertical post

Ukuran untuk postingan orientasi vertical/portrait adalah dengan aspect ratio 4:5. Agar gambar tetap memiliki kualitas yang bagus, disarankan untuk memastikan resolusinya 1080 x 1350 px.

Postingan dengan dimensi potrait paling direkomendasikan dari segi user experience. Ukuran ini membuat konten akan terlihat lebih nyaman dipandang oleh user.

Ukuran feed Instagram Story

Selanjutnya yaitu postingan Feed Story, untuk menghasilkan Instagram Story yang bagus dan jernih, kamu juga harus memperhatikan ukurannya. Kalau kamu ingin mengunggah konten dengan kualitas terbaik di Instagram Story, disarankan untuk memastikan konten memiliki aspect ratio 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 px. 

Jika ingin mengupload konten berbentuk video, durasi maksimal dalam 1 slide story adalah 1 menit. Kalau video berdurasi lebih dari 1 menit, maka Instagram akan otomatis membaginya menjadi beberapa klip.

Baca Juga: Cara Kirim Pesan Rahasia di Instagram dengan Vanish Mode

Ukuran video Instagram Reels

Dan yang terakhir yaitu postingan Reels Instagram, untuk ukuran selanjutnya yang perlu diketahui adalah Instagram Reels. Di Reels, kamu bisa memposting video pendek berdurasi 60 detik dengan berbagai tambahan fitur menarik lainnya, layaknya TikTok. Rasio video Instagram Reels sama seperti IG Story yaitu 9:16 dengan resolusi 1080 x 1920 px.

Nah, itu dia ukuran-ukuran postingan yang sebaiknya kamu perhatikan jika ingin postingan kamu bagus tidak pecah. Selain hal tersebut untuk menghasilkan unggahan yang menarik kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti: 

  • Pilih tema yang akan digunakan 
  • Tentukan grid layout
  • Gunakan filter yang sama
  • Mengatur urutan postingan
  • Terapkan colour coordinate
  • Perhatikan kualitas foto

Baca Juga: Bedah Fitur Threads, Aplikasi Baru yang Mirip Twitter tapi Rasa Instagram

Dengan memperhatikan hal-al di atas maka unggahan atau postingan kamu akan sangat menarik dan Aesthetic  sehingga like dan komen siap bertebaran di instagram kamu, selamat mencoba semoga berhasil.

Ingat ya sobat viral, pastikan kamu adalah pengguna sosial media yang bijak. Salah satunya yaitu Instagram. So? Tunggu apalagi segera buat tampilan Instagram kamu menjadi menarik dan Aesthetic. Semoga bermanfaat ya.(**)

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Berita Terkait Berita Terkini