Cara Paling Benar Sendawakan Bayi, Tips dari Bu Bidan

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:46 WIB
Ilustrasi, bayi bersendawa

Ilustrasi, bayi bersendawa

LABVIRAL.COM - Bayi pada umumnya belum bisa bersendawa dengan sendirinya. Itu karena beberapa otot untuk menunjang hal itu belum berfungsi secara maksimal. Maka, ia perlu dibantu.

Terutama saat bayi menelan selama menyusui, gelembung udara kerap terperangkap di perutnya. Jika ini terjadi, si kecil akan merasa tidak nyaman, gampang gusar, tidak tenang dan akhirnya rewel dan nangis.

Maka usai menyusui, tugas Bunda berikutnya adalah membantunya bersendawa. Lalu bagaimana menyendawakan bayi dengan benar? Bidan dari Naluri Lahir, Bidan Sani membagikan tipsnya melalui kanal Youtube Gue Sehat yang dikutip Labviral.com, yuk simak!

Baca Juga: Minum Susu Malam Hari Baik untuk Kesehatan?

Di posisi pertama adalah menggendong bayi pada bahu Bunda. Pada saat melakukan posisi ini, Bunda harus menjaga area leher dan kepala bayi dengan satu tangan. Lalu secara perlahan, menggosok dan menepuk punggung bayi.

“Pada saat menyendawakan bayi, terkadang cairan susu akan keluar. Ini merupakan hal yang normal. Jadi tidak perlu khawatir, ya. Siapkan saja kain atau handuk yang mudah menyerap di bahu,” kata Bidan Sani.

Bunda cukup melakukan gerakan ini selama beberapa menit, sampai bayi bersendawa. Saat menyendawakan bayi dengan posisi ini, Bunda juga bisa berjalan-jalan perlahan untuk membuat gerakan kecil.

Baca Juga: Orang Dewasa Perlu Tidur Siang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

“Posisi yang kedua adalah mendudukkan bayi di atas pangkuan. Jaga area dada dan bahu bayi, hindari menekan area tenggorokan. Posisikan badan bayi sedikit kedepan,  lalu dengan tangan yang bebas Moms bisa mengusap area punggungnya,” katanya.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini