Minum Susu Malam Hari Baik untuk Kesehatan?

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:43 WIB
Ilustrasi, manfaat susu

Ilustrasi, manfaat susu

LABVIRAL.COM - Susu merupakan minuman yang sering dikonsumsi pada pagi hari. Namun, ada juga yang memimiliki kebiasaan minum susu di malam hari. 

Bahkan, di India minum susu di malam hari itu menjadi sebuah ritual atau tradisi sehari-hari. Bagi masyarakat India, minum susu di malam hari dapat membantu dalam menginduksi tidur, meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Tapi ternyata pemikiran tersebut salah, malah dapat menimbulkan masalah kesehatan. Sebuah studi melaporkan bahwa minum susu dapat meningkatkan berat badan dan berdampak buruk bagi kesehatan. Benarkah?

Baca Juga: Orang Dewasa Perlu Tidur Siang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Dilansir Labviral.com dari laman Times of India, berikut ini masalah kesehatan yang timbul dikarenakan minum susu di malam hari :

1. Sembelit

Minum susu di malam hari ternyata dapat meningkatkan kemungkinan berat badan. Karena, protein dan lemak susu membutuhkan waktu untuk mencerna. 

Satu gelas susu memiliki sekitar 120 kalori. Ini adalah salah satu alasan mengapa mulai sekarang harus menghindari kebiasaan minum susu di malam hari, karena kalori tidak mudah terbakar dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Baca Juga: Ini 8 Obat Diabetes untuk Menjaga Gula Darah Tetap Normal

2. Mempengaruhi Saluran Pencernaan

Menurut para ahli, dampak dari minum susu tergantung pada kondisi seseorang, terutama bagi mereka yang intoleransi laktosa.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini