Orang Dewasa Perlu Tidur Siang, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:41 WIB
Ilustrasi, tidur siang. (Sumber : Freepik/fxquadro)

Ilustrasi, tidur siang. (Sumber : Freepik/fxquadro)

LABVIRAL.COM - Tidak hanya dibutuhkan anak-anak, tidur siang juga perlu dilakukan oleh orang dewasa. Tetapi, aktivitas tidur siang ini dapat menganggu pekerjaan dan dianggap malas atau tidak antusias bekerja. 

Padahal, sebuah studi menunjukkan bahwa tidur siang sangat baik untuk kesehatan orang dewasa. Laporan tersebut mengungkapkan tidur siang dapat meningkatkan daya ingat, meningkatkan kinerja pekerjaan, mengangkat suasana hati, dan meredakan stres.

Banyak praktisi juga menganjurkan untuk tidur siang selama 30 menit per/hari.

Baca Juga: Ini 8 Obat Diabetes untuk Menjaga Gula Darah Tetap Normal

Untuk menjelaskan manfaat tersebut, berikut ini efek positif yang dirasakan tubuh jika tidur siang dilansir Labviral dari laman WebMD, yaitu :

1. Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian menyebutkan bahwa tidur siang dapat memainkan peran penting dalam menyimpan ingatan. Tidur siang juga dapat membantu mengingat hal-hal yang dipelajari, serta dapat mencegah melatih keterampilan motorik, persepsi indera dan ingatan verbal.

Baca Juga: Alasan Mengapa Penderita Hipertensi Dilarang Minum Kopi

2. Meningkatkan Suasana Hati

Jika merasa sedih, cobalah untuk tidur siang untuk mengangkat semangat kamu. Para ahli mengatakan relaksasi yang dirasakan ketika saat tidur atau beristirahat saja dapat meningkatkan suasana hati.

3. Dapat Lebih Terjaga

Setelah makan siang pasti akan mengantuk dan sulit sekali dilawan, padahal pekerjaan masih banyak yang harus diselesaikan. Solusinya kamu bisa tidur siang selama 20 menit untuk melawan kantuk yang tak tertahan.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini