5 Langkah Menghentikan Diare Tanpa Obat

Zahwa Elia Azzahra
Sabtu 18 Maret 2023, 21:30 WIB
ilustrasi seseorang alami penyakit diare

ilustrasi seseorang alami penyakit diare

LABVIRAL.COM - Diare merupakan masalah pencernaan yang menyebabkan tinja menjadi encer dan frekuensi buang air besar meningkat. Hal itu tentu bisa membuat pengidapnya tidak nyaman, bahkan bisa mengganggu aktivitas. Sakit perut, tubuh lemas hingga keluar masuk kamar mandi saat diare sangat tidak menyenangkan.
 
Lantaran gejalanya yang membuat tidak nyaman, biasanya penderita langsung minum obat diare agar cepat berhenti. Dilansir Labviral.com dari berbagai sumber, berikut ini 4 penyebab diare;

  • Infeksi virus, bakteri atau parasit
  • Efek samping obat tertentu
  • Makan makanan terlalu pedas, asam, terlalu banyak kafein dan lain-lain.
  • Penyakit gangguan pencernaan

Baca Juga: Kenali! Ini 7 Ciri-ciri Campak pada Anak

Cara Menghentikan Diare

Pernahkah Anda mendegar bahwa diare juga bisa hilang dengan sendirinya? Namun demikian, Anda tetap dianjurkan untuk minum obat bila masalah pencernaan tersebut sering terjadi atau semakin parah.

Berikut ini 5 langkah menghentikan diare tanpa obat;

1. Minum air putih 

Penderita diare dianjurkan untuk memperbanyak minum agar tubuh tetap terhidrasi. Air putih adalah minuman terbaik yang harus banyak dikonsumsi saat menderita diare. 

Baca Juga: Pewarna Makanan Merah Bisa Picu Masalah Kesehatan Usus

Memang banyak minum air putih tidak menyingkirkan bakteri penyebab diare, namun dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, risiko fatal akibat dehidrasi bisa dicegah. 

Hindari mengonsumsi minuman elektrolit yang banyak dijual di pasaran, karena minuman tersebut mengandung banyak gula yang justru dapat memperparah diare. 

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini