Amankah Ibu Menyusui Mengopi? Ini Tips Aman Buat Busui yang Masih Pengen Ngopi Tiap Hari

Bonifasius Sedu Beribe
Jumat 08 Maret 2024, 18:01 WIB
Saat masa menyusui, apakah boleh minum kopi? (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

Saat masa menyusui, apakah boleh minum kopi? (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Dokter 24)

LABVIRAL.COM - Kebiasaan minum kopi adalah salah satu gaya hidup yang sulit dilepaskan. Bahkan, beberapa orang merasakan ketidaknyamanan jika tidak mengopi.

Ini termasuk ibu menyusui yang sebelumnya memang sudah sering mengopi. Maka, ibu mungkin bertanya, saat masa menyusui, apakah boleh minum kopi?

Ketahuilah bahwa asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu menyusui sangatlah penting untuk diperhatikan. Sebab, gizi-gizi dari makanan atau minuman, nantinya akan tersalur kepada bayi melalui ASI yang diberikan ibu.

Baca Juga: Darah Tinggi Tak Seseram Itu! Minum Obat Hypertensi dan Rajin Kontrol ke Dokter Pasti Lebih Baik

ASI adalah makanan utama untuk bayi berusia 1 hingga 6 bulan, yang baik dan bergizi tinggi. Bahkan selama 6 bulan pertama ini, bayi sebaiknya hanya diberikan ASI saja agar tumbuh kembangnya bisa sempurna.

Sampai saat ini, masih banyak pihak yang memperdebatkan soal minuman kopi ini sehat atau tidak. Ada orang yang percaya bahwa kopi boleh diminum ibu menyusui, tapi ada juga yang percaya bahwa kopi bisa berbahaya untuk bayi yang disusui karena kopi dapat masuk ke dalam ASI.

Akibatnya, bayi bisa mendapatkan efek dari kafein dalam kopi seperti insomnia, hiperaktif, rewel dan gelisah.

Baca Juga: Begini Cara Memotong Kuku Kucing dengan Menggunakan Gunting Kuku Manusia, Ternyata Gampang Banget!

dr. Katherina Adisaputro, MPH, melalui chanel Youtube Dokter 24, mengatakan bahwa menurut laman American College of Obstration and Gycologist, Mams boleh-boleh saja minum kopi. Hal ini lebih khususnya berlaku untuk ibu hamil, namun juga dapat disesuaikan dalam kondisi menyusui.

Follow Berita LABVIRAL di Google News
Halaman :
Berita Terkait Berita Terkini